Spot Seru di Kota Batik Pekalongan - Kain Batik Indonesia

Selasa, 24 November 2020

Spot Seru di Kota Batik Pekalongan

Apa yang terlintas dalam benak Anda saat mendengar Pekalongan? Batik! Kota yang satu ini memang identik dengan batiknya yang menjadi kekayaan budaya masyarakat setempat. Bukan hanya batiknya saja yang memikat, sebab berbagai lokasi wisata alam di sini pun sayang untuk dilewatkan, lho!

Spot Seru di Kota Batik Pekalongan

Konon, Pekalongan berasal dari kata kalong alias kelelawar. Namun tak berarti banyak kelelawar di kota ini, melainkan karena ritual tapa kalong yang dilakukan Bupati Kendal pertama. 

Bupati tersebut bernama Raden Bahu, ia bertapa seperti kalong dengan posisi terbalik dalam jangka waktu tertentu. Sejak saat itu, nama Pekalongan pun dipilih menjadi nama kota.

Untuk menambah rasa cinta pada wisata alam lokal, berikut adalah beberapa spot wisata seru yang ada di Kota Pekalongan, simak di bawah ini :

Menikmati Wisata Batik

Menikmati Wisata Batik

Wisata batik tentu menjadi spot pertama yang wajib Anda kunjungi bila melancong ke Pekalongan, Jawa Tengah. Lokasinya ada di jalan Jatayu No.3, Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kabupaten Pekalongan.

Di sini akan Anda temukan museum batik yang lengkap, bukan hanya memanjakan mata dengan aneka desain batik nan indah, namun juga menambah pengetahuan mengenai dunia batik yang begitu memesona.

Wisata Watu Ireng

Wisata Watu Ireng

Selanjutnya Anda bisa memilih wisata Watu Ireng untuk menghabiskan waktu dan bersantai, menikmati pemandangan dari atas bukit seluas 2 hektar. Lokasinya di jalan raya Lambur, Kecamatan  Kandangserang, Kabupaten Pekalongan.

Seperti namanya, Watu Ireng adalah bukit luas dengan banyak bebatuan besar yang warnanya hitam, serta semak belukar unik yang akan mengeluarkan suara ketika Anda injak. 

Mitos yang beredar di masyarakat tentang Watu Ireng membuatnya lebih istimewa, konon ada mulut gua yang terhubung ke bawah bukit di puncak, dan di dalamnya terdapat satu pasukan kuno juga seperangkat alat gamelan.

Curug Bajing

Curug Bajing

Lokasi Curug Bajing ada di jalan raya Petungkriyono, Hutan, Curugmuncar, Kecamatan Petungkriono. Berada pada ketinggian 1300 mdpl, membuat suasana di sekitar curug sangat segar dan sejuk.

Tinggi curug adalah 70 meter dengan arus air yang cukup deras. Untuk sampai ke lokasi curug, harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 300 meter.

Pantai Slamaran Indah

Pantai Slamaran Indah

Pernah mendengar mitos Dewi Lanjar? Mitos masyarakat Jawa Tengah ini konon memiliki keraton di Pantai Slamaran, lho! Jangan heran jika kemudian saat Anda berwisata ke sini, akan menemukan beberapa pengunjung yang sedang melakukan ritual penghormatan untuk Dewi Lanjar.

Wisata Lolong

Wisata Lolong

Cobalah untuk berkunjung ke jalan raya Karanganyar Lebakbarang KM. 5, RT. 7 RW. 3, Kecamatan Karanganyar, bila ingin memacu adrenalin lewat wisata air yang menantang. Anda bisa menjajal arung jeram, rafting,camping dan berbagai wisata outbond lainnya.

Di sini juga diadakan festival durian tiap tahun, sehingga bagi pecinta durian wajib menyesuaikan tanggal dengan waktu festival dan menikmati aneka varian durian terbaik.

Wisata Linggo Asri

Wisata Linggo Asri

Untuk menikmati suasana pedesaan yang hijau nan asri, maka Anda bisa menghabiskan waktu di Yosorejo, Linggoasri, Kecamatan Kajen. Bukan hanya menyuguhkan pemandangan alam saja, namun juga wisata pendidikan dan olahraga pun tersedia di sini. 

Sebuah lokasi yang tepat untuk camping, dan bahkan ada mess yang disewakan serta bisa menampung sebanyak 200 orang peserta.

Kebun Teh Pagilaran


Kebun Teh Pagilaran

Anda juga bisa menikmati suasana kebun teh nan luas di Pekalongan, tepatnya di jalan Botosari, Paninggaran. Apalagi akses untuk sampai ke lokasi ini sangat mudah, bisa menggunakan kendaraan umum.

Saking luasnya, Kebun Teh Pagilaran berada di beberapa kecamatan dan itu membuat para pengunjung benar-benar puas dengan luasnya pemandangan kebun teh yang membentang.

Keindahan wisata alam di Pekalongan jangan sampai dilewatkan begitu saja, abadikan wisata terbaik Anda lewat jepretan kamera sebagai kenang-kenangan. Anda bisa menggunakan kamera DSLR, maupun kamera saku. 

Namun supaya lebih praktis, menggunakan smartphone juga bisa, misalnya iphone 12 Pro atau smartphone fotografi lainnya.

Bagaimana? Sudah menentukan spot wisata yang akan Anda kunjungi di Pekalongan musim liburan nanti? Jangan lupa selalu jaga kesehatan, ya!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda