Jenis-jenis Payment System yang Populer di Indonesia - Kain Batik Indonesia

Kamis, 30 Juni 2022

Jenis-jenis Payment System yang Populer di Indonesia

Anda mungkin sering mendengar istilah Payment System atau Sistem Pembayaran ketika anda sedang melakukan transaksi Jual Beli.

Payment System sebagai bentuk pembayaran pembelian kebutuhan pokok di toko, atau pembayaran yang anda terima ketika melakukan penjualan produk, namun apa itu Payment System? berikut adalah penjelasan mengenai Payment System.

Pengertian Payment System


Payment System (Sistem Pembayaran) merupakan salah satu bentuk transaksi imbal balik kepada penjual yang menjual barangnya dengan menukarnya dengan berbagai metode alat pembayaran yang sah.

Misalnya anda sedang membeli handphone di toko gadget anda melakukan pembayaran menggunakan uang tunai.

Uang tunai tersebutlah yang dinamakan dengan Payment System yang diterima oleh penjual, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman semakin banyak Payment System yang digunakan.

Di Indonesia sendiri memiliki setidaknya 6 Jenis Payment System yang banyak digunakan dalam transaksi jual beli, berikut adalah penjelasan dari Jenis Payment System.

Jenis-jenis Payment System di Indonesia


Jenis-jenis Payment System di Indonesia

1. Tunai


Transaksi menggunakan Tunai merupakan salah satu payment system yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan berbagai transaksi.

Dimana pada transaksi tunai menggunakan media pembayaran uang cash, yang mana transaksi menggunakan tunai digemari oleh masyarakat

Transaksi tunai masih banyak digunakan oleh masyarakat karena beberapa hal yaitu karena transaksi menggunakan tunai berbentuk fisik, sehingga sangat mudah digunakan dan tunai merupakan alat tukar yang dijamin oleh negara.

Namun payment system dengan Tunai memiliki resiko seperti terselip/hilang dan juga resiko kriminalitas saat menggunakan tunai dalam jumlah banyak.

2. E-Payment


Merupakan salah satu terobosan alternatif dalam majunya teknologi, transaksi E-Payment atau Electronic Payment adalah System Payment berbasiskan Digital memanfaatkan jaringan komputer dan juga layanan keuangan secara Digital.

E payment merupakan salah satu payment system yang paling banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan, yaitu merupakan sistem pembayaran yang aman, cepat, mudah dan dapat digunakan dalam 24 jam.

Untuk dapat menggunakan e-payment anda harus menggunakan payment gateway sebagai media untuk pengintegrasian terhadap berbagai metode pembayaran oleh penjual dan pembeli.

Salah satu penyedia payment gateway yang terkenal di Indonesia yaitu Midtrans yang menyediakan 24 metode pembayaran.

Midtrans memiliki fitur anti fraud untuk mencegah transaksi mencurigakan dan juga Midtrans merupakan payment gateway dengan biaya transparan, sehingga dengan menggunakan payment gateway dari Midtrans dapat membantu usaha anda.

3. Virtual Account


Metode pembayaran Virtual Account memungkinkan ada untuk melakukan transfer ke nomor digit unik sesuai dengan nominal pembayaran pada transaksi yang anda lakukan.

Penggunaan Virtual Account dalam payment system lebih mudah karena pembayaran terintegrasi dan terverifikasi otomatis oleh penyedia virtual account(VA).

Nomor digit Virtual Account dapat berbeda-beda sesuai dengan platform dan memiliki kekurangan yaitu harus teliti dalam memasukkan digit nomor agar pembayaran segera terkonfirmasi.

4. QRIS


QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yaitu sistem pembayaran yang diluncurkan oleh Bank Indonesia yang menggunakan QR Code.

Transaksi menggunakan QRIS memerlukan dompet digital ataupun akun yang mendukung transaksi QRIS.

Sistem Pembayaran menggunakan QRIS sangat cepat dan mudah, dimana transaksi hanya memerlukan scan code QRIS dan membayar sesuai dengan nominal yang ingin dibayarkan dan transaksi akan otomatis selesai.

5. Cash On Delivery (COD)


Cash On Delivery merupakan jenis Payment System dengan melakukan pembayaran secara tunai ketika barang telah diperoleh atau diterima pembeli.

Artinya penjual tidak secara langsung bertemu dengan pembeli, dan uang tunai pembayaran diterima melalui kurir atau pihak terkait.

Cash On Delivery banyak digunakan oleh berbagai kalangan dalam melakukan transaksi di e-commerce, yaitu biasa digunakan oleh orang tua yang menghindari ribetnya melakukan transaksi secara digital.

Kekurangan di sistem pembayaran ini adalah kita harus menyesuaikan nominal pembayaran yaitu pembayaran tidak boleh kurang.

6. Rekening Bersama (Rekber)


Rekening Bersama adalah salah satu Jenis Payment System yang biasa digunakan oleh pegiat bisnis marketplace seperti melalui Facebook atau FJB (Forum Jual Beli) yang menggunakan pihak ketiga.

Rekber memiliki sistem kerja yaitu pembeli mengirim biaya pembelian termasuk biaya rekber kemudian rekber mengkonfirmasi kepada penjual untuk mengirim barang.

Ketika barang diterima sesuai dengan keinginan pembeli maka pembeli mengkonfirmasi kepada rekber untuk melakukan release uang pembayaran kepada pembeli.

Rekber ini masih banyak digunakan oleh para pengguna Marketplace karena mudahnya menggunakan transaksi rekber, namun disisi lain Rekber hanya mengandalkan kepercayaan sehingga lebih rawan terjadi penipuan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda