Tren Perkembangan Desain Interior Ruang Makan Terbaru, Seperti Apa? - Kain Batik Indonesia

Rabu, 14 Februari 2024

Tren Perkembangan Desain Interior Ruang Makan Terbaru, Seperti Apa?

Hunian yang ideal, selalu mempertimbangkan keberadaan ruang-ruang penting seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur bahkan ruang makan. Mungkin tidak semua rumah mempertimbangkan keberadaan ruang makan apalagi kursi makan atau furniture penunjang lainnya, karena dianggap kurang bermanfaat.

Padahal, sebenarnya ruang makan ini tidak sekedar berfungsi sebagai area untuk menikmati hidangan dan santap makan saja, terkadang juga jadi salah satu spot menarik dimana seluruh anggota berkumpul.

Melihat sepenting itu ruang makan, tidak heran selama proses perancangan hingga pengerjaan desain interior pun harus benar-benar diperhatikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda sudah menyesuaikannya dengan konsep desain interior secara keseluruhan sehingga terlihat lebih menyatu, seimbang, harmonis dan selaras.

Namun jika Anda berniat menggabungkan beberapa gaya juga tidak masalah, yang terpenting masih bisa masuk dan saling mengisi sehingga mampu menciptakan desain baru yang lebih otentik serta memiliki ciri khas.

Berdasarkan analisis dari beberapa sumber, desain interior ruang makan terus mengalami perkembangan hingga menghadirkan tren-tren baru dari masa ke masa.

Lantas seperti apa tren-tren baru yang dimaksudkan tersebut?
 

Daftar Perkembangan Tren Desain Interior Ruang Makan Terbaru


Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi maupun ide dalam mendekorasi ruang makan untuk hunian baru Anda, beberapa informasi seputar perkembangan tren desain interior di bawah ini bisa jadi sumber referensi.
 

1. Ruang Makan dengan Sistem Pencahayaan yang Mencolok


Ruang makan tidak sekedar harus ada meja makan dan kursi makan saja. Tetapi juga butuh dukungan dan sentuhan furniture tambahan hingga aksesori penunjang dekorasi secara keseluruhan sehingga bisa membuat ruangan kian menarik.

Tren Perkembangan Desain Interior Ruang Makan Terbaru

Tren baru yang terus berkembang hingga saat ini adalah adanya sentuhan dekorasi sistem pencahayaan yang mencolok pada ruang makan. Sistem pencahayaan yang digunakan tidak hanya fokus pada penggunaan lampu, Anda bisa mengakalinya dengan menyediakan cahaya alami dari jendela besar.

Misalnya saja dengan melakukan pemasangan kaca bening besar sebagai pengganti keberadaan jendela. Dengan begitu akan lebih banyak cahaya matahari yang masuk dengan leluasa dan bebas ke dalam ruang makan hunian Anda.
 

2. Penggunaan Cat Dinding Cerah


Agar furniture ruang makan Anda seperti kursi makan, meja makan dan lainnya tidak tenggelam, sesuaikan dengan konsep secara keseluruhan. Terlebih lagi jika Anda memutuskan untuk mengaplikasikan dinding cerah sesuai perkembangan tren yang ada saat ini.

Jangan sampai kecerahan dan kontras cat dinding ruang makan tampak lebih menonjol serta mengalahkan isi dari ruang makan itu sendiri.

 

3. Tren Penggunaan Pelindung Dinding

Ruang Makan dengan Sistem Pencahayaan yang Mencolok

Selain penggunaan cat, saat ini tren penggunaan pelindung dinding pada ruang makan kian berkembang pesat. Contohnya dengan mengaplikasikan wallpaper dinding sebagai pengganti cat. Alternatif lain yang bisa Anda terapkan seperti menggunakan panel dinding, cetakan dekoratif, kertas dengan tekstur 3D atau fitur bebatuan alam.
 

4. Dekorasi Tanpa Pelapis Pada Kursi Makan


Selama ini, perkembangan pelapis yang digunakan pada kursi makan seringkali memakai pelapis kain dengan karakteristik desain yang cenderung tradisional. Namun akhir-akhir ini karena perkembangan tren dan pertimbangan lain, penggunaan pelapis kursi makan dianggap cukup mengkhawatirkan.

Terlebih lagi jika di rumah terdapat anak kecil dan hewan peliharaan seperti kucing yang notabene sering menggunakan kukunya untuk berbagai aktivitas yang rentan memicu kerusakan. Dengan mengikuti tren kursi makan tanpa pelapis, justru bisa membantu menghemat budget Anda bukan?

Anda bisa memilih kursi makan tanpa finishing dan terkesan natural untuk menunjang gaya minimalis pada hunian Anda.

Untuk kebutuhan furniture ruang makan Anda, pastikan memilih dan membelinya dari brand ternama seperti Dekoruma ya!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda