4 Alasan Mengapa Masker Kain Batik Sangat Diminati - Kain Batik Indonesia

Selasa, 15 Desember 2020

4 Alasan Mengapa Masker Kain Batik Sangat Diminati

Di masa pandemi saat ini dimana seluruh masyarakat diwajibkan memakai masker, peluang bisnis masker kain semakin banyak diminati. 

Masker kain memang cenderung lebih disukai daripada masker medis karena selain harganya yang murah, masker kain bisa dipakai berulang kali dan tidak perlu dibuang seperti masker medis. 

Masker kain batik merupakan salah satu jenis masker yang cukup booming di Indonesia mengingat batik sendiri memang mencerminkan budaya dan karakteristik bangsa Indonesia.

Hari Batik Nasional


Tanggal 2 Oktober kemarin merupakan peringatan Hari Batik Nasional dan momen tersebut semakin membuat peminat batik semakin bertambah. 

Jika Anda ingin membuka peluang bisnis di masa pandemi, masker dari kain batik bisa menjadi pilihan dan berikut beberapa alasan mengapa bisa demikian.

Keunggulan Masker Kain Batik

Keunggulan Masker Kain Batik

  • Memiliki Bahan yang Tebal dan Nyaman

Kain batik cenderung tebal dan tidak menerawang tetapi tetap nyaman dipakai. Jenis kain semacam ini sangat cocok dijadikan masker agar Anda tidak merasa pengap dan gerah saat memakainya. Meskipun dibuat menjadi masker tiga lapis, kain batik tetap bisa memberikan rasa dingin pada kulit sehingga memakai masker pun tidak akan menjadi beban.

  • Lebih Dikenal di Tengah Masyarakat

Ketimbang membeli masker dengan motif yang aneh dan berlebihan, masker motif batik lebih dekat dengan masyarakat karena kain batik sudah sejak lama dipakai dan dibudidayakan. Melihat motif batik pun masyarakat sudah sangat familiar sehingga saat dipakai mereka pun merasa percaya diri.

Selain itu motif batik cenderung tidak berlebihan namun tetap menarik saat dipakai. Motif ini juga bisa dipakai oleh pria maupun wanita bahkan anak-anak hingga orangtua. Cara mendapatkannya pun sangat mudah terlebih sekarang ini sudah ada jenis batik printing yang harganya jauh lebih murah.

  • Dapat dibuat Menjadi Berbagai Macam Model Masker

Semenjak masa pandemi berlangsung, model dan jenis masker pun semakin banyak karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Kain batik merupakan salah satu jenis kain yang sangat fleksibel untuk membuat berbagai macam model masker kain. Itulah kenapa kain ini banyak digunakan oleh produsen untuk membuat masker berkualitas.

Baik masker satu lapis, dua lapis atau tiga lapis; masker earloop atau masker hijab; kain batik mampu menyokong semua kebutuhan untuk membuat masker-masker tersebut. Akan tetapi untuk membuat masker tiga lapis kain ini harus dikombinasikan dengan jenis kain lain seperti flannel atau oxford karena kain batik cenderung tidak mampu menyerap debu atau bakteri.

  • Ramah di Kantong

Harga kain batik printing yang murah membuat harga masker kain pun ramah di kantong. Harganya bisa bervariasi tergantung dari jenis maskernya, biasanya masker tiga lapis lebih mahal dari masker satu lapis atau dua lapis.

Dengan harga yang cukup terjangkau, masker batik pun bisa dijadikan sebagai souvenir pernikahan di masa pandemi dimana saat ini hampir semua orang butuh masker saat mereka sedang keluar rumah. Selain menghemat biaya souvenir, Anda pun bisa memberikan manfaat untuk orang lain.

Memulai Bisnis Masker Kain

Memulai Bisnis Masker Kain

Jika Anda tertarik dengan bisnis masker kain, Anda bisa menggunakan kain batik sebagai bahan dasar masker dan dipadukan dengan jenis kain lain. Jika dilihat dari seratnya, kain batik biasanya masih tembus cahaya jika diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Hal itu menandakan bahwa kain ini terlalu tipis untuk dibuat menjadi masker jika dipakai sendirian. Oleh karena itu masker batik harus dibuat minimal dua lapis untuk membuatnya lebih tebal dan tidak tembus cahaya. Selain itu memadukannya dengan jenis kain lain untuk membuat masker tiga lapis akan memberikan perlindungan yang lebih tinggi.

Tidak hanya masker kain batik, ada banyak jenis kain lain yang bisa dipakai untuk membuat masker diantaranya adalah kain katun dan scuba. Jadi Anda memiliki banyak jenis pilihan kain yang bisa dipakai.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda