Bagaimana Memilih Data Center Indonesia Terbaik? - Kain Batik Indonesia

Jumat, 19 Maret 2021

Bagaimana Memilih Data Center Indonesia Terbaik?

KainBatik.net - Perkembangan data center atau pusat data di Indonesia terus mengalami perkembangan. Semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi digital di tanah air mau tidak mau turut menunjang bisnis data center Indonesia. Meskipun begitu, di Indonesia sendiri jumlah perusahaan data center masih terhitung sedikit sehingga perlu ditingkatkan lagi.

Syarat Data Center yang Bagus


Bagaimana Memilih Data Center Indonesia Terbaik?

Data center memegang peran yang sangat penting bagi perangkat IT. Oleh sebab itu memilih perusahaan penyedia data center tidak boleh sembarangan. Jika salah memilih maka perusahaan bisa mengalami kerugian yang tidak sedikit. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa syarat yang perlu diperhatikan ketika memilih penyedia data center.

1. Memiliki perlindungan data yang mumpuni


Perlindungan data yang dimaksud disini adalah kemampuan backup serta replikasi data yang disimpan di data center tersebut. Meskipun tidak diharapkan terjadi tapi jika suatu ketika terjadi masalah hardware yang menyebabkan banyak data rusak maka data tersebut masih memungkinkan untuk dipulihkan kembali atau dipindahkan ke tempat lain yang lebih aman.

2. Perhatikan kapasitas penyimpanannya


Selain backup dan relokasi data, faktor penyimpanan juga perlu Anda perhatikan dengan serius. Hal ini dikarenakan kapasitas serta kebutuhan penyimpanan data akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih data center dengan penyimpanan yang baik. Bila perlu pilihlah yang sudah memiliki data ONTAP agar lebih fleksibel.

ONTAP sendiri merupakan solusi keamanan data yang dibuat oleh perusahaan solusi manajemen data. Layanan ONTAP menawarkan berbagai kemudahan, perlindungan serta efisiensi yang sangat diperlukan untuk teknologi yang lebih rumit seperti jaringan 5G atau artificial intelligence.

3. Memiliki sistem keamanan yang mumpuni


Faktor keamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan saat memilih data center di mana pun Anda berada. Pastikan jika perusahaan pengelola data center yang Anda pilih memiliki sistem keamanan berlapis yang selalu diperbaharui. Tidak hanya itu, perusahaan tersebut juga sebaiknya memiliki kemampuan untuk menghalangi bahaya baik secara digital maupun langsung.

Contoh bahaya langsung yang sering terjadi adalah kebakaran yang bisa menghancurkan data-data penting. Oleh sebab itu, pastikan data center yang Anda pilih memiliki sistem perlindungan terhadap kebakaran yang bagus.

4. Memiliki virtual storage tiering


Virtual storage tiering merupakan menyimpan berbagai data yang dibedakan menjadi jangka panjang dan jangka pendek. Data center yang bagus seharusnya mampu menyimpan data dengan metode tersebut karena dinilai lebih efisien. Sebagai contoh, data yang kurang penting bisanya akan disimpan dalam data drive sedangkan data-data penting akan disimpan dalam flash drive.

Penyedia layanan data center di Indonesia


Perlu diketahui jika tidak semua penyedia layanan data center memiliki kualitas yang sama. Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka ada baiknya jika Anda memilih perusahaan yang memang sudah berpengalaman serta memiliki track record yang bagus. dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi soal kualitas layanan yang diberikan.

Dari begitu banyak perusahaan penyedia layanan data center yang ada di Indonesia salah satu yang bisa direkomendasikan adalah NEX data Center. Perusahaan ini telah memiliki pengalaman selama 10 tahun dalam bisa data center di tanah air. Oleh sebab itu, kualitas pelayanan yang ditawarkan tentu lebih bisa diandalkan.

Bahkan, beberapa waktu yang lalu perusahaan tersebut meluncurkan aplikasi khusus untuk pelanggan NEX Data Center Indonesia. Menurut situs resminya yaitu nexdatacenter.com, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk memantau kondisi data center hanya melalui smartphone. Denah aplikasi tersebut Anda bisa melihat suhu, kelembaban, konsumsi listrik, serta cadangan daya yang dipakai secara real time.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda