Cara Memilih Bahan Kain untuk Seragam Keluarga - Kain Batik Indonesia

Minggu, 24 April 2022

Cara Memilih Bahan Kain untuk Seragam Keluarga

Bahan kain menjadi bahasan tersendiri ketika hendak membuat seragam untuk keluarga, terutama untuk acara pernikahan. 

Seragam bisa menjadi identitas yang membedakan pihak keluarga mempelai dengan para undangan yang hadir. Kelihatannya sederhana, namun pemilihan bahan kain dan juga jenis kain yang digunakan untuk pembuatan seragam tidak sesederhana kelihatannya.

Cara Memilih Bahan Kain untuk Seragam


Cara Memilih Bahan Kain untuk Seragam

Dalam sebuah pernikahan, pemilihan bahan kain untuk seragam harus dipikirkan dengan matang. Biasanya disesuaikan dengan konsep pernikahannya. Apakah tradisional atau modern. Beberapa cara yang bisa digunakan dalam memilih bahan kain untuk seragam, yaitu :

1. Pilih Model Seragam Keluarga


Sebelum memutuskan untuk membuat seragam keluarga dalam pernikahan, hal pertama yang dilakukan adalah memilih model seragamnya terlebih dulu. Sesuaikan dengan tema pernikahan agar seragam yang digunakan cocok dengan tema.

Untuk pernikahan tradisional Jawa, seragam kebaya lebih cocok dikenakan untuk para pendamping mempelai. Sementara pernikahan modern lebih pas jika memakai model gaun malam yang manis dan elegan.

2. Tentukan Warna Seragam


Setelah menentukan model seragam, saatnya menentukan warna seragam yang digunakan. Usahakan menggunakan warna yang serasi dengan konsep pernikahan. 

Misalnya pernikahannya menggunakan warna biru sebagai warna utama. Maka bahan kain yang digunakan untuk seragam bisa mengambil warna baby blue, navy atau turquoise yang lebih kalem.

Hindari warna bertabrakan dan kontras, karena akan membuat tema pernikahan berantakan. Warna yang serasi akan membuat nuansa pernikaan lebih harmonis dan manis.

3. Siapa saja yang Menerima Seragam


Seragam pernikahan biasanya diberikan untuk keluarga mempelai. Tapi bisa juga menambahkan teman atau sahabat yang diundang khusus oleh mempelai di acara pernikahan mereka. 

Sesuaikan dengan anggaran pernikahan untuk masalah ini. Jika ada anggaran berlebih, tak masalah membuatkan seragam untuk teman atau sahabat yang diundang.

4. Survei dan Bandingkan Harga


Survei tempat pembelian bahan kain untuk seragam sebaiknya dilakukan lebih dari satu kali. Tujuannya untuk membandingkan harga antara satu toko dengan toko lainnya.

Carilah toko yang menyiapkan bahan kain dan jenis kain yang lengkap di satu tempat, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga. Pembelian dalam jumlah banyak juga bisa menguntungkan karena besar kemungkinan mendapat diskon khusus dari toko.

5. Tentukan Jenis Kain yang Digunakan


Jenis kain yang digunakan untuk membuat seragam juga harus ditentukan jauh-jauh hari. Sesuaikan dengan konsep pernikahan dan bahan kain yang sudah disepakati di awal. 

Misalkan pernikahan dengan tema outdoor akan terlihat manis dan mewah jika memilih jenis kain satin atau sutra untuk seragam keluarga.

Jenis Kain yang Cocok untuk Seragam Keluarga


Jenis kain yang cocok dijadikan seragam keluarga biasanya jenis kain yang lembut dan terkesan mewah. Jenis kain ini juga mempengaruhi desain baju yang akan dikenakan pada hari pernikahan nanti. karenanya penting untuk memilih jenis kain yang terbaik di hari spesial, seperti :

1. Jenis Kain Satin


Kain satin memiliki ciri khas lembut, halus dan glossy. Kesan mewah terpancar dari jenis kain ini karena kilau yang berasal dari benangnya, sehingga cocok digunakan untuk seragam pernikahan.

Jenis kain satin yang terlihat mewah dan biasanya digunakan untuk acara pernikahan yaitu jenis kain satin velvet, kain sutra, kain satin Roberto Cavalli, kain satin delustered sampai kain satin Duchesse yang digunakan khusus bridal.

2. Jenis Kain Ceruti


Jenis kain ceruti memiliki tekstur yang halus, elastic serta lembut. Bahannya agak tipis dan menerawang, sehingga harus didobel atau dikombinasikan dengan kain lain agar terlihat lebih manis. Misalnya dengan kain brokat. 

Uniknya ada kesan melayang saat memakai kain ceruti, namun tidak sampai terbang tertiup angin karena memiliki bobot yang pas.

Beberapa jenis kain ceruti yang bagus untuk seragam keluarga diantaranya : georgette premium, baby doll dan diamond.

3. Jenis Kain Wollycrepe


Jenis kain wollycrepe memiliki tekstur kulit jeruk yang halus, namun tidak menerawang. Serat kainnya rapat dan bahan kainnya juga adem di kulit. Pilihan warnanya juga banyak seperti mosscrepe, crezia dan italiano. Warnanya yang cantik cocok untuk dijadikan seragam keluarga.

4. Jenis Kain Wolfis


Kain wolfis termasuk salah satu jenis kain polos yang cukup populer. Terbuat dari serat campuran sutra, katun dan polyester membuat jenis kain ini memiliki karakter halus, serat kain yang rapat, ringan dan tidak transparan. Seragam keluarga akan terlihat manis jika menggunakan jenis kain ini.

5. Jenis Kain Katun


Kain katun terkenal dengan karakteristiknya yang lembut, halus, adem dan mudah menyerap keringat. Bahan kainnya yang mengikuti trend membuatnya jadi bahan kain incaran. Beberapa jenis kain katun yang bisa digunakan untuk seragam keluarga biasanya adalah jenis kain katun jepang.

Belanja Bahan Kain untuk Seragam Keluarga di Zilingo Trade


Zilingo Trade adalah marketplace B2B yang menjadi tempat penjualan bahan kain secara grosir. Selain itu ada juga berbagai macam fashion, furniture, perlengkapan rumah, kantor sampai produk kesehatan dan kecantikan.

Zilingo trade cocok dijadikan tempat belanja grosir dengan harga yang lebih hemat. Cocok untuk kebutuhan usaha dengan menyiapkan stok barang dengan kualitas yang bagus. Transaksi jual beli bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan pembayaran.

Stok barang di Zilingo selalu up to date. Segala informasi mengenai barang yang tersedia diinformasikan melalui websitenya www.zilingotrade.id. Rasakan pengalaman belanja grosir dengan nyaman oleh tenaga professional yang ramah hanya di zilingo trade. 

Yuk belanja bahan kain untuk seragam keluarga di Zilingo trade. Kualitas bahan terjamin dan pelayanan memuaskan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda