Kenali Istilah Penting dalam Asuransi - Kain Batik Indonesia

Minggu, 24 April 2022

Kenali Istilah Penting dalam Asuransi

Saat berbicara mengenai asuransi maka secara otomatis Anda akan terbayang tentang premi asuransi. Biaya asuransi ini akan menjadi beban jika Anda tidak sanggup membayarnya. Terlebih lagi jika Anda tidak memahmi istilah-istilah yang ada dalam dunia asuransi.

Kenali Istilah Penting dalam Asuransi

Mari simak istilah-istilah yang sering digunakan dalam suatu asuransi berikut ini, agar Anda dapat meminimalisir kesalah pahaman selama berasuransi.
 

1. Polis


Polis merupakan sebuah kesepakatan yang dibuat antara pihak penyeleggara jasa layanan asuransi dengan nasabahnya yang menggunakan produk dari suatu layanan asuransi. Polis ini berbentuk kontrak yang memuat hak dan kewajiban dari semua pihak yang terkait di dalamnya.

Salah satu poin terpenting yang harus dicermati dalam polis yaitu perihal kesediaan pihak asuransi untuk menanggung berbagai risiko yang dialami oleh nasabahnya. Dimana pelayanan yang didapatkan harus sesuai dengan kesepakatan yang telah tercantum pada polis.
 

2. Premi Asuransi


Premi asuransi adalah banyaknya biaya asuransi yang harus dibayarkan oleh seorang nasabah kepada pihak penyelenggara layanan asuransi pilihannya. Biaya asuransi ini nantinya akan disubsidi silang dengan layanan tanggungan risiko yang akan dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi.

Besaran biaya ini biasanya disesuaikan dengan jenis layanan dan cakupan yang dipilih oleh nasabah. Semakin lengkap layanan yang diinginkan, maka semakin besar pula biaya asuransi yang harus disetorkan kepada perusahaan asuransi.
 

3. Biaya Akuisisi


Biaya akuisisi merupakan sejumlah dana yang harus dibayarkan oleh nasabah agar bisa mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan. Biaya akuisisi ini meliputi pembayaran untuk staf asuransi dan berbagai kebutuhan operasional dari suatu perusahaan asuransi.
 

4. Tertanggung


Jika Anda menemukan kata tertanggung pada polis, maka yang dimaksud adalah pihak yang mendapatkan jaminan perlindungan dari layanan asuransi tersebut. Jadi, ketika si tertanggung mengalami suatu risiko, maka ia akan mendapatkan ganti rugi dari risiko itu.

Anda perlu tahu bahwa tertanggung berbeda dengan pemegang polis. Pemegang polis adalah nasabah yang melakukan pembelian suatu polis. Sedangkan tertanggung adalah mereka yang namanya masuk dalam daftar orang-orang yang diasuransikan.
 

5. Manfaat


Penggunaan istilah manfaat dalam sebuah polis dapat diartikan dengan layanan atau bentuk-bentuk perlindung yang akan diperoleh oleh tertanggung. Pada umumnya, manfaat asuransii ini dipahami sebagai uang pertanggungan dari perusahaan asuransi kepada nasabah atau ahli waris.
 

6. Klaim


Klaim dapat diartikan sebagai upaya pengajuan tuntutan untuk mendapatkan manfaat asuransi yang menjadi hak pemegang polis. Setelah klaim disetujui, maka Anda akan mendapatkan sejumlah uang untuk membayar atau ganti rugi atas risiko yang terjadi.

Pada umunya dari pihak perusahaan asuransi akan memberikan batas waktu tertentu pada suatu pengajuan klaim. Semua hal terkait ganti rugi dan waktunya ini dilakukan sesuai kesepakatann yang dibuat dalam polis.
 

7. Cash Value


Cash value atau nilai tunai merupakan uang yang bisa diperoleh oleh pemegang polis dalam jangka waktu tertentu. Jadi sejumlah dana yang selama ini disetorkannya bisa ditebus atau diambil kembali oleh si pemegang polis.
 

8. Lapse


Lapse adalah pembatalan suatu polis karena nasabah terlambat dan tidak membayarkan premi asuransi sesuai kesepakatan yang terdapat pada polis. Dengan batalnya polis, maka nasabah juga akan kehilangan manfaat asuransi ataupun ganti rugi atas risiko yang akan dialaminya.
 

9. Premium Holiday


Premium holiday atau cuti premi merupakan istilah yang digunakan ketika pemegang polis diizinkan untuk tidak melakukan setoran bulanan. Akan tetapi hal ini hanya bisa terjadi jika nilai tunai yang dimilikinya dapat mencukupi untuk membayar premi bulanan tersebut.
 

10. Rider


Rider ini merupakan asuransi tambahan yang sifatnya fleksibel atau bebas. Anda bisa memilih asuransu tambahan apapun yang diinginkan. Untuk setiap asuransi tambahan itu akan menambah manfaat asuransi yang akan diperoleh sekalligus memperbesar biaya setoran bulanan.
 

Mengenal PFI Mega Life Lebih Dekat


PT. PFI Mega Life Insurance adalah perusahan asuransi yang merupakan kolaborasi dari Prudential Financial Inc dan CT Corpora. Perusahaan asuransi ini menyediakan layanan untuk asuransi jiwa yang lengkap.

PFI Mega Life berkomitmen untuk memberikan pelayanan bagi kebutuhan konsumen secara spesifik. Dalam menjalankan komitmennya tersebut, PFI Mega Life menggunakan strategi distribusi multi channel. Sehingga, dimanapun Anda berada, akan tetap terlayani dengan baik.

Jika Anda berencana untuk menggunakan asuransi jiwa, PFI Mega Life patut untuk dicoba. Pasalnya perusahaan ini berorientasi pada customer focus, mutual trust, collaboration, dan winning with integrity. Dengan hal-hal tersebut, Anda bisa menggunakan asuransi jiwa ini dengan lebih yakin.

Jadi jika Anda ingin menggunakan asuransi jiwa, maka pastikan bahwa jumlah premi asuransi yang harus dibayarkan itu dapat disetorkan tepat pada waktunya. Jangan sampai polis menjadi batal karena Anda telat membayarkan premi asuransi yang telah disepakati.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda