7 Tips Servis Mobil Hemat Biaya Ala Otoklix - Kain Batik Indonesia

Kamis, 11 Agustus 2022

7 Tips Servis Mobil Hemat Biaya Ala Otoklix

Servis mobil merupakan salah satu cara untuk menjaga performa dan kenyamanan mobil. Servis mobil yang dilakukan secara rutin dapat mencegah kerusakan pada mobil serta memperpanjang umur pemakaian mobil. 

Anda bisa percayakan urusan perawatan dan servis mobil di Otoklix yakni aplikasi bengkel mobil yang akan menghubungkan Anda dengan lebih dari 2. 000 bengkel umum terpercaya dan profesional di Jabodetabek.
 

7 Tips Servis Mobil Ala Otoklix


Tips Servis Mobil Ala Otoklix

Sebagai aplikasi bengkel mobil, Otoklix punya tips agar hemat biaya saat Anda melakukan servis mobil kesayangan, simak tipsnya di bawah ini.

1. Lakukan Perawatan Ban


Tips pertama untuk servis mobil agar hemat biaya adalah dengan rutin melakukan perawatan ban mobil. Ban merupakan salah satu bagian vital bagi kendaraan. 

Kondisi ban yang buruk, sangat berbahaya bagi kendaraan dan juga keselamatan selama berkendara. Selain itu, harga ban mobil terbilang cukup mahal. 

Disarankan bagi Anda, untuk bisa melakukan perawatan ban secara rutin di rumah, agar kondisi ban bisa lebih awet.

2. Ganti Oli Secara Rutin


Mengganti oli secara rutin termasuk salah satu tips servis mobil agar hemat biaya. Rutin mengganti oli merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk menjaga kondisi mobil agar tetap baik. 

Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin, sehingga pembakaran dapat berlangsung sempurna. Jika kondisi oli menurun, tentunya akan mempengaruhi kinerja pada mesin.

Umumnya oli harus diganti ketika sudah melewati jarak tempuh sekitar 1.000 Km sejak pertama pembelian mobil. Setelah itu oli bisa diganti ketika sudah melewati jarak tempuh sekitar 5.000 Km dalam pemakaian normal.

3. Periksa Kondisi Aki


Tips untuk servis mobil agar hemat biaya selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi aki secara rutin. Aki berfungsi sebagai sistem kelistrikan pada mobil. 

Jika kondisi aki rusak, maka Anda tidak bisa menyalakan mobil. Jadi, melakukan pengecekan kondisi aki merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Selain itu, Anda bisa merawat aki dengan cara menambahkan air secara teratur pada aki. Jika aki sudah mencapai usia pakai, maka segera ganti aki dengan yang baru sebelum mobil mengalami permasalahan lainnya.

4. Periksa Kondisi AC


Meski tidak sering seperti komponen lainnya, AC mobil tetap harus diservis secara berkala. Biasanya servis AC mobil dilakukan setahun sekali dalam pemakaian normal, atau setiap 10.000 Km - 20.000 Km. 

Namun, jika penggunaan di daerah yang memiliki tingkat polusi tinggi maka servis AC bisa dilakukan ketika sudah mencapai jarak tempuh 3.000 Km.

Service AC dilakukan untuk menjaga filter AC agar tetap bersih, sebab kondisi filter yang kotor dapat mensirkulasi debu dalam kabin mobil. 

Beberapa hal yang dilakukan saat servis AC diantaranya adalah mengganti pelumas, refrigeran dan pembersihan.

5. Gunakan Bahan Bakar Sesuai Rekomendasi


Tips servis mobil selanjutnya adalah menggunakan bahan bakar yang sudah direkomendasikan. Setiap produsen kendaraan pasti akan memberikan rekomendasi terbaik mengenai bahan bakar minyak (BBM) kepada customer. 

Hal ini dilakukan agar mobil memiliki performa yang optimal dengan kinerja mesin yang maksimal.

Namun, sebagian pemilik kendaraan memaksa untuk menggunakan bahan bakar yang beroktan rendah dengan alasan menghemat pengeluaran. 

Padahal, hal tersebut bisa membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal. Selain itu, kompresi mesin juga akan menjadi tinggi yang mengakibatkan komponen mobil tidak awet.

6. Gunakan Suku Cadang Asli


Umumnya saat kita melakukan servis mobil, ada beberapa komponen atau suku cadang yang harus dilakukan pergantian. 

Biasanya hal ini disebabkan karena kualitas suku cadang yang terdapat pada mobil. Usahakan untuk selalu membeli suku cadang asli dari dealer atau distributor resmi.

Suku cadang yang asli dibuat oleh pabrik sesuai dengan spesifikasi mobil yang kita miliki. Sehingga saat dipasangkan dan digunakan kualitasnya lebih terjamin. 

Memang tidak bisa dipungkiri jika suku cadang asli memiliki harga yang relatif lebih mahal. 

Namun, jika dihitung berdasarkan umur pemakaian, maka suku cadang asli akan lebih awet atau memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan yang palsu.

7. Cari Bengkel dan Teknisi yang Terpercaya


Tips servis yang terakhir adalah mencari bengkel dan teknisi dengan kualitas yang terpercaya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih aman dan nyaman saat melakukan servis mobil.

Nah, itulah tadi tips servis mobil yang hemat biaya ala Otoklix. Anda bisa temukan bengkel umum terpercaya dengan mekanik yang profesional dan ahli dibidangnya lewat aplikasi dan website Otoklix.. 

Otoklix melayani booking untuk berbagai perawatan mobil mulai dari ganti oli, ganti ban, service, ringan hingga berat dan lainnya. Jadi jangan ragu lagi, yuk booking dan bawa mobil kesayangan di bengkel mitra Otoklix, pasti hemat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda