5 Cara Mengobati Luka Kena Knalpot - Kain Batik Indonesia

Jumat, 31 Mei 2024

5 Cara Mengobati Luka Kena Knalpot

Pada dasarnya, kulit yang terkena knalpot panas akan menimbulkan luka yang membekas dan sulit dihilangkan. Kasus ini tentunya tidak terlepas dari pengamatan PAFI Sibolga sebagai ahli farmasi yang turut memberikan cara yang tepat dalam mengatasi luka terkena knalpot.

Secara umum, luka yang terjadi karena knalpot panas ini termasuk dalam kategori luka bakar derajat pertama. Hal ini selaras dengan pendapat di https://pafisibolga.org/ yang menyebut bahwa kondisi luka hanya terjadi pada bagian atas kulit saja. Lantas bagaimana cara mengobatinya?

Cara Ampuh Mengobati Luka Bakar Akibat Knalpot


Cara Mengobati Luka Kena Knalpot

Mengingat bahwa luka knalpot ini termasuk pada luka bakar derajat pertama, tentu penanganannya masih bisa dilakukan sendiri dirumah. Meski demikian, selama pengobatan dan perawatan harus dilakukan dengan tepat dan benar.

Tujuannya adalah agar luka bakar tidak akan meninggalkan bekas pada kulit. Jika sampai membekas, tentu saja akan berimbas pada penampilan Anda. Berikut cara mengobati luka kena knalpot yang tepat, diantaranya:

1. Dinginkan Luka Bakar


Saat baru saja kulit terkena knalpot panas, penanganan pertama yang harus Anda lakukan yaitu harus segera mendinginkan lukanya dengan air mengalir. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengompresnya dengan menggunakan handuk dingin.

Lakukan penanganan pertama ini selama 10 menit atau sampai rasa perih pada kulit Anda mulai mereda.
 

2. Perban Luka


Cara mengobati luka terkena knalpot selanjutnya yaitu perban pada bagian yang terluka. Luka bakar yang masih baru dan basah bisa Anda perban dengan menggunakan kasa steril. Tujuannya untuk menghindari luka terkena debu, mengurangi rasa sakit, dan melindungi kulit yang sedang melepuh.

Tapi, jangan terlalu ketat ketika memperban luka karena bisa menimbulkan tekanan yang kuat dan menyebabkan rasa nyeri pada kulit Anda.
 

3. Oleskan Petroleum Jelly


Salah satu rekomendasi obat luka bakar alami untuk kulit yang terkena knalpot ini bisa menggunakan petroleum jelly. Anda dapat mengoleskannya 2 – 3 kali sehari pada kulit luka yang mulai mengering.

Menggunakan petroleum jelly juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas knalpot yang cukup manjur jika dilakukan secara rutin. Dibandingkan dengan mengoleskan pasta gigi yang bisa menyebabkan infeksi, petroleum lebih aman dioleskan pada kulit bekas luka knalpot.

4. Hindari Memecahkan Lepuh


Kebanyakan, pada kulit yang terkena knalpot panas ini akan menimbulkan lepuhan di area sekitar luka. Meski timbulnya lepuhan tersebut mungkin menjadikan Anda risih, tapi jangan memecahkan lepuhan tersebut secara sengaja.

Melansir dari PAFI Sibolga, kulit melepuh tersebut berisi cairan yang berguna untuk melindungi kulit dari infeksi. Tapi jika tidak sengaja lepuhan tersebut pecah, maka harus segera membersihkannya dengan air dan mengoleskan salep antibiotik.

5. Minum Obat Pereda Nyeri


Jika kondisi kulit yang terkena knalpot cukup parah, biasanya akan menimbulkan rasa perih dan nyeri di sekitar area yang terluka. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, acetaminophen, atau naproxen sodium.

Melihat dari cara-cara untuk mengobati luka terkena knalpot di atas, sebenarnya cukup sederhana dan mudah dilakukan. Tetapi jika ternyata luka bakarnya besar dan cenderung parah, Anda bisa menggunakan bantuan medis agar tidak terjadi infeksi.

Sebaliknya, jika luka bakar knalpot yang terjadi tampaknya tidak terlalu parah dan masih bisa diatasi sendiri, maka Anda dapat menerapkan cara-cara diatas. Selain itu, juga dapat meminta rekomendasi salep atau obat yang ampuh di https://pafisibolga.org/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda