Manfaat Obat Tradisional dalam Pengobatan Penyakit Umum - Kain Batik Indonesia

Sabtu, 18 Mei 2024

Manfaat Obat Tradisional dalam Pengobatan Penyakit Umum

Sudah lama obat tradisional dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan hingga saat ini masih menjadi obat alternatif. Faktanya konsumsi obat tidak bisa sembarangan, sehingga organisasi https://pafisumbabaratdaya.org/ hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

Baik konsumsi obat tradisional atau obat kimia tidak bisa asal minum. Masyarakat harus memahami manfaat obat tradisional dan ada atau tidaknya resiko terhadap kondisi tubuh lain. Begitu juga dengan obat racikan dari dokter harus sesuai dosis.

Jadi, bukan berarti obat tradisional tidak boleh untuk dikonsumsi. Akan tetapi, harus sesuai dengan penyakit yang tengah dirasakan. Untuk lebih detail, pada artikel kali akan membahas mengenai manfaat obat tradisional.
 

Manfaat Obat Tradisional untuk Penyakit Umum


Manfaat Obat Tradisional untuk Penyakit Umum

Umumnya obat tradisional terbuat dari tanaman obat yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, tidak semua tanaman obat dapat Anda konsumsi untuk semua jenis penyakit.

Bahkan beberapa tanaman obat memberikan efek samping jika salah mengkonsumsinya. Misalnya jahe sebagai obat asam lambung tradisional paling ampuh, karena dapat mengatasi rasa mual.

Walau begitu konsumsi obat tradisional dari tanaman obat jahe ini sebaiknya tidak dibarengi dengan obat kimia. Hal ini karena, Anda tidak akan pernah tahu efek samping negatif dari konsumsi obat tradisional dengan obat kimia.

Oleh karena itu, pilih salah satu untuk mengobati masalah kesehatan Anda. Jika ingin konsumsi obat herbal, pilihlah sesuai kondisi kesehatan Anda saat ini.

Misalnya beberapa penyakit umum berikut ini yang bisa Anda obati dengan konsumsi obat tradisional berikut ini:

Obat Tradisional untuk Menurunkan Kadar Gula Darah


Bagi penderita diabetes kadar gula dalam darah tidak boleh melebihi ambang batas yaitu 70-100 mg/dl setelah puasa minimal 8 jam. Batas kadar gula tidak boleh lebih dari 140 mg/dl 2 jam setelah makan atau sebelum tidur.

Dalam menjaga kadar gula darah tetap seimbang obat tradisional yang dapat Anda konsumsi yaitu ekstrak tanaman kencur. Manfaat kencur juga bisa sebagai mencegah osteoporosis dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kunyit untuk Radang Sendi


Kunyit adalah tanaman obat yang mengandung kurkumin. Manfaat kurkumin sebagai anti-inflamasi atau peradangan, sehingga kunyit dapat dikonsumsi oleh penderita Rheumatoid arthritis.

Hal tersebut karena dapat mengurangi sendi yang nyeri akibat pembengkakan. Begitu juga bagi penderita osteoarthritis atau Anda yang sedang mencari obat tradisional jari tangan kaku dan sakit. Kunyit bisa sebagai obat herbal untuk anti-radang.
 

Kayu Manis untuk Kolesterol


Jika Anda mencari obat tradisional asam urat dan kolesterol apa? Anda bisa membuat teh herbal dari Kayu Manis untuk menurunkan kolesterol.

Tidak hanya itu, Kayu Manis bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit lainnya. Pada Kayu Manis terdapat senyawa anti inflamasi yang berfungsi meningkatkan sirkulasi darah dan mengandung cinnamic acid untuk meminimalisir penyakit kardiovaskular.
 

Temulawak untuk Mengatasi Sembelit


Sembelit merupakan masalah kesehatan yang tidak dapat Anda abaikan begitu saja karena dapat mempengaruhi kondisi tubuh lainnya. Untuk itu, Temulawak dapat Anda manfaatkan sebagai obat tradisional sembelit susah buang air besar.

Temulawak mengandung kurkumin yang mana dapat meningkatkan produksi empedu sehingga pencernaan dapat berfungsi dengan baik. Konsumsi rutin obat herbal temulawak akan membantu Anda mengatasi perut kembung maupun dispepsia.

Lidah Buaya


Lidah buaya termasuk tanaman obat yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Salah satunya obat tradisional tersiram air panas. Anda cukup oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terbakar untuk merangsang pembentukan keratinosit.

Keratinosit merupakan sel penyusun epidermis yang berfungsi dalam mencegah keluar masuknya senyawa kimia asing. Selain itu, mengandung glukomanan untuk regenerasi sel kulit baru.

Oleh sebab itu, manfaat obat tradisional bisa untuk berbagai jenis penyakit. Walau begitu Anda perlu memperhatikan konsumsi obat yang tepat. Jika belum yakin bisa konsultasi dengan dokter.

Bisa juga mengikuti program sosialiasi dari https://pafisumbabaratdaya.org/ untuk penggunaan obat yang tepat. Hal ini karena masih banyak masyarakat yang awam mengenai konsumsi obat tepat sesuai kebutuhan dan jenis penyakit.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda