Macam-Macam Jenis Kain Batik dan Harganya - Kain Batik Indonesia

Rabu, 30 Desember 2020

Macam-Macam Jenis Kain Batik dan Harganya

Seringkali batik dianggap sebagai nama sebuah kain, padahal batik adalah motif yang dibuat di atas sebuah kain. Untuk membuat motif batik, ada berbagai macam jenis kain yang digunakan dan hal ini mempengaruhi harga dari kain batik itu sendiri. 

Mengenal macam-macam jenis kain batik dan harganya akan membantu Anda memilih jenis kain yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Beda jenis kainnya maka akan berbeda pula tampilannya serta kenyamanan saat memakai kain batik itu sendiri.

Jenis Kain Batik dan Harganya Dari yang Murah Hingga yang Mahal

Kain Mori

Kain Mori

Meskipun kain mori sering digunakan sebagai kain kafan, namun jenis kain ini juga sangat bagus dijadikan sebagai kain batik. Membuat motif di atas kain mori terbilang cukup mudah karena tekstur kainnya yang halus.

Proses pembuatan pun menjadi tanpa hambatan. Harganya yang terjangkau pun membuat kain mori cocok dipakai sebagai bahan dasar membuat batik baik itu batik tulis maupun batik printing.

Kain Katun

Kain Katun

Anda mungkin sudah tidak asing dengan kain katun karena selain dipakai sebagai bahan dasar membuat batik, katun juga dipakai untuk berbagai macam jenis pakaian baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Kain katun memiliki tekstur yang dingin dan menyerap keringat sehingga cocok dipakai di musim panas. Efek dingin pada kain katun berasal dari bahan dasar pembuatan kain katun itu sendiri yaitu serat kapas. Ada berbagai macam jenis katun berdasarkan tingkat ketebalan serta kehalusan kain dan factor-faktor tersebut dapat mempengaruhi harga kain katun itu sendiri.

Kain Rayon

Kain Rayon

Salah satu karakteristik kain rayon atau shantung adalah rasa sejuk ketika kain bersentuhan dengan kulit. Tekstur lembut dan dinginnya kain rayon membuat jenis kain yang satu ini menjadi primadona saat cuaca sedang panas.

Harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan kain katun membuat jenis kain ini cocok dipakai untuk membuat batik meskipun untuk batik tulis kain ini masih belum mumpuni. Kain rayon biasanya dipakai untuk membuat batik print maupun batik cap.

Sama seperti kain katun, kain rayon juga memiliki beberapa tingkatan harga tergantung dari ketebalan kain serta jenis benang yang dipakai dalam pembuatannya.

Kain Dobi

Kain Dobi


Jika beberapa kain di atas memiliki harga yang relative terjangkau dan mampu dibeli oleh kalangan menengah ke bawah, kain Dobi biasanya digunakan untuk membuat kain batik bagi kalangan menengah ke atas.

Harga mahal kain dobi disebabkan karena cara pembuatannya masih manual menggunakan ATBM atau Alat Tenun Bukan Mesin. Karena penggunaan mesin itulah kain dobi memiliki tekstur serat timbul yang unik. Motif hasil tenunannya pun beragam ada yang bergaris dan ada juga yang berbentuk kotak-kotak.

Bahan pembuatan kain dobi adalah benang sutera dipadukan dengan polister dan benang katun. Itulah kenapa kain dobi disebut juga dengan kain semi sutera. Jika dipegang kain ini terasa halus namun pada bagian tertentu akan terasa tekstur yang kasar. Keunikan tersebut membuat kain dobi salah satu kain batik yang diminati.

Memilih Jenis Kain Batik

Memilih Jenis Kain Batik


Jenis kain batik yang Anda pilih akan berpengaruh pada penampilan. Untuk menentukan pilihan dari banyaknya jenis kain batik dan harganya Anda perlu mempertimbangkan tujuan pemakaian batik itu sendiri, apakah akan dipakai untuk acara formal ataukah informal. Selain itu harga beserta rasa nyaman kain saat dipakai pun harus dipertimbangkan. Dengan berbagai macam pilihan yang ada, mendapatkan kain batik yang sesuai dengan kebutuhan tidaklah sulit.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda