5 Cara Mencegah Kolesterol Sejak Dini - Kain Batik Indonesia

Senin, 04 Januari 2021

5 Cara Mencegah Kolesterol Sejak Dini

Kainbatik.net - Tubuh manusia memang membutuhkan kolesterol, salah satunya untuk membentuk sel-sel tubuh yang baru dan membantu penyerapan vitamin D serta lemak. Akan tetapi Anda butuh cara mencegah kolesterol sejak dini untuk menghindari kadar kolesterol yang berlebihan.

Kolesterol terbagi menjadi dua, yakni kolesterol jahat dan kolesterol baik. Apabila kadar kolesterol jahat lebih banyak dibandingkan kolesterol baik, maka Anda berisiko terkena penyakit jantung. 

Kolesterol jahat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan terjadi plak di dinding pembuluh darah, akhirnya tersumbat dan membuat Anda mengalami serangan jantung, atau juga bisa mengalami stroke.

Semua usia bisa mengalami hal ini, sehingga baiknya Anda mulai melakukan tips-tips penting yang akan dibahas berikut. 

5 Cara Mencegah Kolesterol Sejak Dini


Cara Mencegah Kolesterol

Berikut adalah cara mencegah kolesterol sejak dini, silahkan disimak:

1. Jaga pola makan

Menjaga pola makan adalah cara mencegah kolesterol yang paling ampuh dan mujarab. 

Bahkan saat seseorang terus mengonsumsi obat penurun kolesterol terbaik sekalipun, namun jika ia tak mampu menahan diri untuk tidak sembarangan makan, maka kadar kolesterol Anda tidak akan turun, malah makin naik dan sangat berbahaya untuk tubuh Anda. 

Konsultasikan pada dokter, makanan apa saja yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, makanan apa yang tak boleh dikonsumsi dan bagaimana mengkombinasikan makanan supaya tetap bersahabat dengan kolesterol Anda. 

2. Berhenti merokok

Merokok tidak memiliki manfaat kesehatan apapun, malah hanya memberikan banyak masalah kesehatan jangka panjang. Oleh sebab itu, pastikan Anda berhenti merokok mulai dari sekarang. 

Merokok akan mengganggu metabolisme tubuh dan kolesterol yang tak terkontrol pun menjadi salah satu dampak dari metabolisme yang tidak maksimal. 

3. Banyak bergerak

Jangan sampai malas untuk bergerak, bahkan sekadar rajin jalan kaki saat bepergian jarak dekat sudah cukup banyak membantu. Jangan terlalu banyak rebahan sambil menonton atau tidak melakukan apapun, perbanyak bergerak aktif. 

Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur, tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat jika Anda tak mampu, Anda bisa melakukan aerobik di rumah, bersepeda, atau bahkan melakukan yoga.  

4. Istirahat yang cukup

Jangan menganggap sepele istirahat, apalagi jika Anda adalah pekerja keras yang menggunakan tenaga dan pikiran untuk bekerja. Istirahat sangat penting untuk mengembalikan semua tenaga yang terkuras di siang hari. 

Terlalu banyak begadang bisa menyebabkan kolesterol yang naik, apalagi jika sambil begadang malah ngemil makanan dengan lemak trans yang tinggi, seperti keripik, junk food dan makanan cepat saji lainnya. Sudah bisa dipastikan, kadar kolesterol Anda akan naik banyak tanpa terkontrol. 

5. Tidak boleh stress

Tidak berlebihan jika ada yang mengatakan jika pikiran adalah pusat kesehatan tubuh seseorang, sebab memang rata-rata pikiran yang stres dan tertekan yang membuat penyakit menjadi jauh lebih parah.

Bahkan karena stress itu pula bisa menyebabkan tubuh menjadi drop sampai akhirnya harus dirawat di rumah sakit, tidak bisa diobati sebab yang membuat sakit itu pikiran, yang notabene tidak bisa diobati dengan obat medis.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu berpikiran positif dan semangat menjalani hidup, cara mencegah kolesterol yang satu ini tidak sulit, kok! Yang terpenting Anda harus meyakinkan diri jika semua masalah ada solusinya, percaya kepada Tuhan dan cari aktivitas yang bisa membuat pikiran Anda tenang. 

Itulah dia beberapa macam cara mencegah kolesterol sejak dini yang bisa dilakukan. Tidak sulit, bukan?

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda