4 Cara Perpanjang Masa Berlaku Asuransi Mobil dan Tipsnya - Kain Batik Indonesia

Jumat, 29 Oktober 2021

4 Cara Perpanjang Masa Berlaku Asuransi Mobil dan Tipsnya

Kebanyakan dari Anda lebih fokus untuk mengetahui angka pembayaran bulanan saat mendaftar asuransi mobil. Namun, kadang Anda lupa untuk mempertimbangkan berapa lama asuransi mobil tersebut bertahan.

Asuransi mobil Anda berlaku ketika Anda membayar polis asuransi dan menyetujui semua isinya. Dalam polis asuransi mobil sudah tertulis tanggal awal dimulainya pertanggungan sampai tanggal berakhirnya polis asuransi.

Berapa Lama Polis Asuransi Mobil Berlaku?


Berapa Lama Polis Asuransi Mobil Berlaku?

Pada umumnya, polis asuransi mobil akan berakhir dalam waktu satu tahun. Tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi. Karena tidak semua perusahaan asuransi menawarkan jangka waktu yang sama.

Biasanya, satu bulan sebelum polis berakhir, pihak asuransi akan mengirimkan pemberitahuan pembaruan polis. Anda juga bisa cek masa berlaku polis asuransi melalui online.

Karena beberapa perusahaan asuransi mobil yang bagus sudah menyiapkan layanan secara daring. Jangan sampai habis, sebab, jika masa berlakunya sudah habis, Anda tidak akan bisa melakukan klaim.

Untuk itu Anda harus mengetahui kapan polis asuransi mobil Anda berakhir.Sehingga ada pihak tertanggung yang akan mengambil alih kerugian akibat kerusakan atau kehilangan pada mobil Anda.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga supaya polis asuransi Anda tetap aktif dan dapat digunakan.

3 Tips Supaya Polis Asuransi Mobil Tetap Aktif


Perhatikan ini supaya polis asuransi Anda berlaku:

● Membayar Premi


Premi adalah kewajiban yang harus Anda bayar kepada pihak asuransi sesuai ketentuan dalam polis. Oleh karena itu, bayar premi Anda tepat waktu supaya terhindar dari pembatalan polis yang berarti polis Anda berakhir.

● Memenuhi Syarat Klaim


Asuransi tujuannya adalah mendapatkan perlindungan. Untuk mendapatkan perlindungan tersebut Anda harus mengajukan klaim berdasarkan syarat yang sudah ditetapkan perusahaan.

Jika tidak, perusahaan tidak akan menyetujui pengajuan Anda. Selain dokumen, waktu pengajuan klaim juga memiliki batas waktu, yaitu maksimal 3 hari setelah terjadi kerusakan.

Jadi, segera ajukan klaim sebelum masa berlaku klaim berakhir.

● Menghindari Hal-Hal yang Membatalkan Polis


Selain pembayaran premi melebihi tenggang waktu yang ditentukan, ada hal lain yang dapat membatalkan polis.

Contohnya seperti kerusakan pada mobil yang dilakukan dengan sengaja atau tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Lalu bagaimana jika masa polis asuransi mobil sudah habis? Lakukan pembaharuan.

4 Cara Memperpanjang Polis Asuransi Mobil


Berikut 4 prosedur memperpanjang polis asuransi mobil:

● Menghubungi Pihak Asuransi Mobil


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi perusahaan tempat Anda mendaftar polis. Baik melalui aplikasi yang tersedia atau mendatangi kantor pihak asuransi secara langsung.

● Survei


Setelah menghubungi pihak asuransi dan menyampaikan maksud Anda, pihak asuransi akan meninjau kembali kondisi mobil saat ini. Untuk kemudian memutuskan memperpanjang asuransi Anda dan membuat laporan survei.

● Membayar Premi


Selanjutnya Anda harus membayar premi. Jika ada tenggang waktu yang belum dibayar sebelumnya, Anda harus menyelesaikannya. Karena nanti, bukti pembayaran premi dibutuhkan untuk melengkapi dokumen.

● Melengkapi Dokumen


Pihak asuransi akan meminta Anda melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk membuat polis yang baru. Dokumen berupa data diri dan kendaraan seperti saat Anda mendaftar asuransi sebelumnya.

Setelah memenuhi semua persyaratan yang dibuat pihak asuransi, polis baru Anda akan dibuat.

Selamat! Sekarang Anda sudah memiliki asuransi mobil kembali untuk melindungi kerusakan di kemudian hari.

Jangan lupa, perhatikan masa berlaku asuransi mobil Anda yang baru dan mengingatnya dengan benar. Supaya apabila sewaktu-waktu Anda mengajukan klaim, klaim Anda tidak ditolak dan mobil Anda mendapat perlindungan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda