Mesin Potong Kertas : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Pilihnya - Kain Batik Indonesia

Jumat, 01 Oktober 2021

Mesin Potong Kertas : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Pilihnya

Mesin potong kertas sangat diperlukan di dunia percetakan maupun fotocopy. Kegunaannya yang sangat penting untuk memotong kertas menjadi bagian yang dibutuhkan menjadikan mesin pemotong kertas ini termasuk peralatan yang wajib ada.

Keperluan seperti menjilid buku, fotocopy KTP sampai memotong kertas dengan ketebalan tertentu membutuhkan mesin potong kertas ini. Bayangkan jika memotong kertas satu per satu secara manual.

Jika jumlah kertasnya satu atau dua, tak akan jadi masalah. Tapi jika jumlah kertas yang akan dipotong itu puluhan hingga ratusan lembar, tentu saja akan sulit jika memotong manual. Hal semacam ini hanya bisa dilakukan dengan mesin potong kertas.

Apa yang dimaksud Mesin Potong Kertas ?


Sesuai namanya, mesin potong kertas adalah mesin yang berguna untuk memotong lembaran kertas, baik satuan maupun dengan ketebalan tertentu menjadi bagian sesuai dengan kebutuhan.

Mesin pemotong kertas ini termasuk peralatan wajib yang harus ada di percetakan. Baik percetakan besar maupun percetakan kecil dan tempat fotocopy.

Fungsi Mesin Potong Kertas


Fungsi Mesin Potong Kertas

Dilihat dari pengertiannya, nampak bahwa fungsi utama dari mesin potong kertas adalah untuk memotong kertas menjadi ukuran yang lebih kecil atau sesuai dengan kebutuhan. Namun bukan hanya itu saja kegunaan pemotong kertas ini. Beberapa diantaranya yaitu :

1. Merapikan Pinggir Kertas


Memotong kertas dengan jumlah banyak tentu meninggalkan serat-serat kertas yang menonjol di pinggiran. Mesin potong kertas bisa merapikan serat-serat kertas tersebut, sehingga hasil potongan kertasnya bisa seragam dan rapi.

2. Memotong Kertas Menjadi Berbagai Ukuran


Mau memotong kertas dari ukuran A4 menjadi A5. Atau mau fotocopy KTP dalam jumlah banyak. Kertas yang difotocopy pasti akan dipotong seukuran dengan KTP. Mesin potong kertas bisa memotong kertas dengan berbagai ukuran yang kita inginkan. Baik manual maupun otomatis.

3. Memadatkan Tumpukan Kertas yang Dijilid


Pasti sulit memotong kertas dalam tumpukan yang tebal. Mesin potong kertas bisa melakukannya dengan cara memadatkan tumpukan kertas terlebih dahulu, baru dipotong. Pemadatan ini berguna untuk merekatkan kertas, sehingga hasilnya lebih rapi dan hasil jilidnya bisa kuat.

Jenis Mesin Potong Kertas


Mesin potong kertas memiliki beragam jenis disesuaikan dengan apa yang menjadi pembandingnya. Jika berdasarkan jenis pisau pemotong kertas, mesin potong kertas dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Guillotine yaitu mesin yang menggunakan jenis pisau pemotong kertas yang ditekan ke bawah saat memotong kertas.
  2. Rotary trimmer, yaitu jenis potong kertas yang menggunakan pisau bulat yang penggunaannya digeser sepanjang kertas.

Jika berdasarkan cara pengoperasinnya, mesin potong kertas terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Manual, yaitu mesin potong kertas yang pengoperasinnya dilakukan secara manual. Jumlah kertas yang dapat dipotong pun terbatas. Mesin jenis ini paling banyak di tempat fotokopi dan percetakan kecil.
  2. Otomatis, yaitu mesin potong kertas yang pengoperasiannya dilakukan oleh mesin. Operator hanya perlu mengatur settingan mesin dan mesin akan memotong kertas secara otomatis. Jumlah kertas yang bisa dipotong menggunakan jenis mesin otomatis biasanya banyak, bahkan bisa sampai 1 rim.

Cara Memilih Mesin Potong Kertas yang Baik


Sebagai pelaku usaha, kita harus bisa memilih mesin potong kertas yang sesuai dengan kebutuhan. Masalahnya banyaknya ragam mesin potong kertas di pasaran, terkadang membuat kita bingung.

Beberapa tips berikut ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih mesin potong kertas yang baik.

1. Frekuensi Penggunaan Mesin


Sesering apa mesin potong kertas diperlukan. Jika penggunaannya ditujukan untuk percetakan yang memerlukan skala besar, bisa menggunakan mesin potong kertas yang otomatis. Pengoperasinnya cepat dan dapat digunakan untuk memotong banyak kertas. Mesin jenis ini pasti juga sering digunakan karena untuk usaha.

Namun jika penggunaannya untuk pribadi atau usaha fotocopy di rumah yang jarang dipakai. Mesin potong kertas manual bisa digunakan. Biasanya jenis mesin manual ini diperlukan untuk memotong jumlah kertas yang tidak terlalu banyak.

2. Ukuran Kertas


Mesin potong kertas punya beberapa ukuran sesuai dengan ukuran kertas yang akan dipotong. Ada yang seukuran kertas A4 atau A3. Perhatikan kebutuhan sebelum membeli mesin potong kertas. Jika kebutuhannya untuk keperluan pribadi yang kebanyakan memotong kertas A4, maka tidak perlu membeli mesin potong kertas seukuran kertas A3.

3. Spesifikasi Mesin


Mesin potong kertas punya spesifikasi yang berbeda antara mesin yang satu dengan yang lainnya. Pelajari dahulu spesifikasinya, seperti berapa jumlah kertas yang bisa dipotong, bagaimana kemampuannya, ukuran kertas apa yang bisa dipotong dan sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Hasil Potongan


Pisau potong yang ada di mesin potong kertas, umumnya bisa diganti sesuai dengan hasil yang diinginkan. Misalnya ada pisau jenis short wave yang bisa memotong kertas menjadi bergelombang, atau pisau perforated yang memotong kertas dengan adanya garis putus-putus di pinggir kertas. Nah, pastikan memilih mesin potong kertas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dapatkan mesin potong kertas dengan beragam pilihan hanya di Maxipro. Distributor mesin percetakan yang terlengkap dan terbaik di Indonesia. Maxipro juga menyediakan mesin potong kertas dengan kemampuan memotong kertas berbeda-beda.

Mulai dari mesin potong kertas satuan, sampai mesin potong kertas 1 rim. Informasi selengkapnya mengenai mesin potong kertas di Maxipro, dapat dilihat di www.maxipro.co.id.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda