5 Tips Sewa Gudang di Pergudangan Jawa Tengah - Kain Batik Indonesia

Jumat, 01 Oktober 2021

5 Tips Sewa Gudang di Pergudangan Jawa Tengah

Dalam sebuah usaha manufaktur, gudang menjadi elemen yang sangat penting keberadaannya. Karena usaha manufaktur adalah sebuah kegiatan mengubah bahan mentah, menjadi bahan baru yang punya nilai jual. Karena di Indonesia banyak usaha manufaktur, tak heran banyak juga sewa gudang bagi usaha yang belum mampu membuat gudang mereka sendiri.

Bangunan warehouse bukan hanya digunakan untuk menyimpan bahan mentahnya saja, melainkan juga untuk menyimpan produk yang telah siap jual. Sehingga tidak heran, jika usahanya semakin besar, semakin luas pula gudang yang harus dimiliki.

Tips Sewa Gudang untuk Usaha Kecil


Tips Sewa Gudang untuk Usaha Kecil

Hanya saja biaya untuk membangun gudang sendiri tidak murah, usaha kecil tentu memiliki banyak pertimbangan sebelum memutuskan membangun gudang. Khusus untuk Anda yang tinggal di Jawa Tengah, ketahui beberapa tips sewa gudang yang aman untuk usaha kecil :

1. Ketahui Jenis Barang yang Dimiliki


Setiap usaha manufaktur memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain, mulai dari bahan mentahnya, peralatan penunjangnya, sampai mesin produksi pun tentunya berbeda sama sekali. Itulah mengapa sebelum memutuskan menyewa warehouse, pastikan sudah paham betul barang yang dimiliki.

Sebab tidak semua bangunan gudang bagus untuk menyimpan barang-barang yang Anda miliki. Contohnya jika bahan usaha Anda mudah rusak dan tak tahan lama, maka Anda butuh bangunan yang memiliki sistem pendingin yang bagus.

2. Memaksimalkan Sumber Daya Manusia yang Dimiliki


Sebagai pemilik usaha, Anda harus memastikan sebanyak apa sumber daya manusia yang perusahaan miliki. Sebab nantinya berhubungan dengan proses perawatan barang dan proses distribusi yang aman. Dengan memaksimalkan sumber daya manusia profesional, maka warehouse Anda dan isinya akan terjaga dengan baik.

3. Tentukan Waktu Penyimpanan


Seorang pemilik usaha harus tahu seberapa lama barang yang ia miliki bisa disimpan, dan bagaimana cara merawatnya supaya bisa bertahan lama. Sebab tidak semua barang yang disimpan dalam gudang bisa disimpan begitu saja, selalu membutuhkan perawatan rutin supaya bisa lebih tahan lama dan dalam kondisi yang baik. Anda tentu tak mau merugi karena penyimpanan barang yang tidak tepat, bukan?

4. Bandingkan Harga Sewa Gudang dengan yang Lain


Karena di sekitar Anda sudah banyak bisnis sewa gudang, maka makin banyak pula penawaran dan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh jasa sewa warehouse tersebut. Sebagai calon klien, pastikan Anda tidak asal memilih.

Tidak ada salahnya jika Anda lebih teliti sebelum memutuskan menyewa gudang yang mana. Perbanyak menggali informasi di internet, atau bertanya kepada rekan sesama pengusaha yang sudah lebih dulu menyewa gudang. Bukan hanya membandingkan harga sewa dari satu jasa dengan jasa lainnya, Anda juga boleh menanyakan apa saja fasilitas yang akan didapatkan jika menyewa gudang di jasa tersebut.

5. Pilihlah Lokasi yang Terbaik


Karena lokasi yang tepat akan membuat usaha Anda semakin maju dan sukses. Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal di Jawa Tengah harus pandai memilih lokasi usaha dan gudang. Pastikan lokasinya strategis, dekat dengan pabrik dan juga memiliki akses yang memadai juga.

Jauh lebih baik jika lokasi gudang Anda ada di tempat yang dekat dengan akses distribusi, misalnya dekat tol, bandara, pelabuhan dan sebagainya. Tujuannya supaya lebih mudah untuk mendistribusikan barang Anda. Pastikan juga lokasi gudang yang akan Anda sewa minim risiko bencana alam, seperti banjir ataupun longsor.

Membangun gudang bukan hal yang mudah, terlebih jika usaha yang Anda miliki masih terbatas anggarannya. Maka karena itu, sewa gudang bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa diambil. Tetapi pastikan Anda memilih jasa sewa warehouse yang bisa diandalkan dan terpercaya, contohnya saja Shipper.

Layanan gudang terbaik untuk semua skala bisnis, mulai dari bisnis kecil, menengah hingga bisnis skala besar. Tak perlu khawatir, sebab Shipper memiliki banyak pengalaman untuk jasa pelayanan penyimpanan, pengemasan dan sampai dengan pengiriman berbagai macam produk bisnis.

Terlebih warehouse yang Shipper miliki lokasinya di berbagai kota besar, sangat mudah diakses. Anda juga bisa memilih sendiri paket layanan seperti apa yang bisnis Anda butuhkan. Praktis dan lebih hemat, serta bisa diandalkan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda