Pahamilah Arus Kas Bisnis Anda Bersama Buku Warung - Kain Batik Indonesia

Kamis, 23 September 2021

Pahamilah Arus Kas Bisnis Anda Bersama Buku Warung

Ketika membangun sebuah bisnis, Anda tentu sangat dekat dengan laporan keuangan untuk memberikan ikhtisar mengenai adanya kondisi keuangan usaha Anda. 

Laporan keuangan perusahaan menggambarkan kondisi keuangan secara lengkap mengenai laporan rugi laba, laporan arus kas bisnis, dan laporan perubahan posisi keuangan. 

Pahamilah Arus Kas Bisnis Anda Bersama Buku Warung

Laporan arus kas merupakan laporan yang menyajikan suatu informasi tentang arus kas masuk dan arus kas keluar bisnis Anda. Selain itu, laporan arus kas bisnis Anda akan sangat berguna untuk kesetaraan kas suatu entitas pada periode tertentu. 

Laporan arus kas harus disusun dengan konsep dasar laporan keuangan agar bisa mencerminkan nilai aktiva, nilai hutang, dan modal sendiri. Pada suatu saat tertentu, perusahaan Anda akan bisa segera mengetahui kondisi laporan laba rugi yang dicapai selama periode tertentu.

Laporan arus kas dan laporan keuangan lainnya merupakan output dan hasil dari proses akuntansi yang menjadi bahan informasi bagi para perusahaan Anda dan juga menjadi salah satu bahan dalam proses pengambilan keputusan. 

Segala bentuk laporan keuangan usaha Anda merupakan indikator analisis fundamental dan alat bantu untuk membuat keputusan ekonomi. Anda bisa mengambil banyak keputusan ekonomi setelah melihat laporan keuangan. 

Misalnya keputusan untuk jual beli saham, pembagian dividen, pemberian kredit, dan keputusan lainnya. Secara lebih rinci, berikut ini akan dibahas betapa pentingnya untuk memahami arus kas bisnis Anda.
 

Mengetahui Kemampuan Perusahaan


Alasan pertama bagi Anda untuk paham kondisi arus kas bisnis Anda adalah agar perusahaan Anda bisa diukur kemampuannya dalam sebuah laporan arus kas bisnis.

Dengan mengelola arus kas (cash flow) dengan baik, perusahaan Anda akan memiliki gambaran mengenai seberapa jauh perusahaan akan berkembang dan seberapa banyak kas yang bisa dihasilkan nantinya.

Mengetahui Kemajuan Operasional Usaha


Alasan utama yang membuat arus kas sangat penting bagi usaha Anda dan mewajibkan Anda membuat laporan arus kas. Sebab, perusahaan Anda bisa tahu kemajuan operasional usaha melalui arus kas. Perusahaan Anda akan memiliki gambaran mengenai seberapa baik dalam menjalankan operasionalnya, misalnya dalam pembayaran upah atau gaji karyawan.
 

Mengetahui Keuntungan Perusahaan


Arus kas bisnis sangat penting untuk usaha Anda karena bisa dijadikan sebagai alat untuk mengetahui keuntungan usaha Anda. Bahkan, melalui kondisi arus kas bisnis, Anda sudah bisa mengkalkulasikan keuntungan yang akan diperoleh karena arus kas merupakan pedoman untuk mengetahui banyaknya keuntungan yang mampu dihasilkan oleh perusahaan.

Sebagai salah satu bentuk laporan keuangan, maka keberadaan laporan arus kas bisnis Anda sangat penting karena bisa mempengaruhi banyak kemungkinan dalam perjalanan usaha Anda. Untuk support yang lebih baik dalam menyediakan laporan keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan software Buku Warung. 

Caranya mudah, Anda hanya perlu mendaftar dengan mencantumkan nomor HP anda, aplikasi ini sepenuhnya gratis dan tidak berbayar.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda