Mengenal Batik Print dan Perbedaannya dengan Tulis dan Cap - Kain Batik Indonesia

Kamis, 27 Januari 2022

Mengenal Batik Print dan Perbedaannya dengan Tulis dan Cap

Berbicara tentang seni membatik memang sudah menjadi hal biasa di Indonesia khususnya ngomongin soal print kain katun. Karena kita tahu sendiri bahwa batik merupakan karya yang ada sejak dahulu kala, bahkan yang mengajarkan adalah nenek moyang kita.

Yang dimaksud dengan batik sendiri merupakan kain yang bergambar dengan proses pembuatan yang dirancang secara khusus dengan menerapkan pola kain yang kosong. Sedangkan batik memiliki beberapa jenis yaitu batik lukis, tulis, cap dan juga printing.

Apa sih batik itu, sebelum kita membahas secara detail tentang batik print, alangkah baiknya Anda paham tentang kata batik saja terlebih dahulu. Yaitu, sebuah kain yang diciptakan dengan gambar yang menghinggapinya. Kata lain, ada proses pembuatan gambar pada kain kosong.

Yuk mari membahas tentang batik, akan dikenalkan oleh kainbatik.net apa sih batik print juga sekaligus apa bedanya dengan batik lain, misalnya batik tulis dan cap. Yuk baca yuk!
 

Apa itu Batik Print atau Print Kain Katun?


Apa itu Batik Print atau Print Kain Katun

Siapa yang tidak asing mendengar kata batik print atau print kain katun? Memang batik print ini sering banget didengungkan ketika Anda menyebutkan tentang istilah pembuatan batik. Namun, yang harus Anda tahu, ternyata batik print yang asli bukanlah sebuah batik, apa sebabnya?

Jangan pernah ragu untuk belajar dan menggali informasi tentang istilah-istilah yang ada di perbatikan. Kalau Anda ingin dan kepo untuk mengenai batik, ia sudah ada definisinya menurut kalangan luar negeri.

Bahkan UNESCO juga sudah mendefinisikannya, yaitu sebuah kain yang diciptakan dengan melukis dengan bahan yang dikhususkan, seperti malam dan juga lilin yang dipanaskan lalu membentuk motif sesuai dengan yang diinginkan.

Lalu, jika dilihat dari pengertian batik, ia bukan polanya, tetapi prosesnya. Hal ini juga diartikan oleh orang jawa zaman dahulu, dengan kata Amba dan Tik. Apa sih Amba itu? Yaitu menggambar atau juga bisa diartikan dengan menulis.

Kalau Tik, artinya secara jelas ia adalah titik. Anda bisa menggabungkannya menjadi Ambatik, yang punya arti menggambar titik-titik.

Dalam proses pembuatannya, ketika membikin titik-titik yang berbahan dasar lilis panas serta malam, ternyata prosesnya lama banget. Apalagi, tentang kefokusan saat membuat, harus sabar dan teliti agar tidak sampai salah dalam membuatnya.

Hal ini bisa Anda bedakan dengan batik print. Jika membuat batik sangat rumit, batik print sebaliknya, tanpa proses kerumitan yang sebelumnya kami ceritakan. Batik print ini lebih tepatnya merupakan kain yang punya corak serta motif ada mirip-miripnya dengan yang asli.

Karya yang dihasilkan dari batik print kain katun bukanlah digambar, juga bukan mengukit titik-titik, proses pewarnaan dengan malam atau lilin pun tidak dilakukan dalam pembuatan batik print. Namun cuman dicetak dengan mesin, dengan gambar yang sama saat membatik.

Jadi misalnya batik biasanya bergambar bunga, motif hewan dan lain-lain, batik print juga bisa menggambarkan hal itu di kain. Hanya saja cara dan prosesnya yang berbeda dengan membuat batik yang asli.
 

Perbedaannya dengan Batik Tulis dan Cap


Anda semua sudah pada tahu kan, apa bedanya antara batik print dan batik biasanya? Di atas sudah dibedah panjang dan lebar. Anda juga perlu untuk memahami bahwa yang tergolong batik membatik itu apa saja sih, dan bedanya dengan batik tulis serta batik cap apa sih?
 

Batik Tulis


Coba telaah definisi batik, yang identik dengan mengukir dan menggambar melalui proses tangan sendiri atau manual dengan tangan. Nah, itu dia definisi batik tulis.

Yaitu, proses menggambar atau melukis batik yang dilakukan secara langsung oleh orang, dengan tangan sendiri, prosesnya lama banget. Karena harus digambar satu persatu dengan tangan dan alat gambar yang dicelup olahan cairan untuk membatik.

Kesadaran menggambar, melalui proses batik tulis, harus penuh sabar dan teliti. Nah gambarnya kan satu-satu, jadi memang menghabiskan waktu yang cukup lama. Hal ini ternyata berpengaruh terhadap harga dan kualitas dari hasilnya.

Biasanya batik tulis ini memang dibandrol harga yang lumayan mahal, ketimbang batik jenis lainnya. Mungkin karena prosesnya dan hasil yang dibuat lebih berbobot dan sedap dipandang.

Ini kebalikannya dengan batik print, sangat tidak membutuhkan ketekukan, karena hanya perlu mencetak, waktu proses saat membuat pun sangat beda jauh. Antara dengan tangan secara manual, atau dengan mesin jika itu batik print.
 

Batik Cap


Bahasan berikutnya, tentang batik cap. Batik ini pun memiliki perbedaan yang lumayan jauh dengan jenis batik-batik lainnya. Bedanya yaitu tidak menggunakan cara manual dengan tangan saat membuatnya, juga bukan dengan mesin untuk mencetaknya.

Lalu dengan apa dong? Seperti namanya, batik cap ini menggunakan cap atau nama lainnya stempel yang memiliki motif batik.

Bahan dasar stempel yang digunakan untuk membatik adalah tembaga. Tembaga ini bahan gantu dari canting, seperti saat membatik tulis. Cara mengecap atau stempel yang dilakukan oleh batik cap, tidak lama.

Prosenya pun cepat, hanya perlu memasukkan cap itu ke dalam warna yang diinginkan, lalu Anda tinggal menempelkan cap ke kain yang sudah di sediakan. Namun, untuk mencelup dan menempelkan, dilakukan dalam jumlah banyak.

Sehingga membentuk pola yang pas dan teratur, saat dipandang pun sangat mengesankan, meski dalam waktu yang cukup singkat saat membuatnya.
 

Jasa Printing Kain Rekomendasi dari Inouiprint.com


Jasa Printing Kain Rekomendasi dari Inouiprint.com

Pengetahuan tentang batik-membatik, sepertinya sudah lumayan cukup untuk Anda ketahui. Mulai dari perbedaan membatik yang banyak jenisnya itu, hingga proses yang berbeda-beda. Tetapi, apakah Anda tahu tentang jasa printing?

Banyak rekomendasi yang bisa kita berikan, hanya saja sekarang, Anda bisa melihat keunggulan dari jasa printing Inouiprint yang layak untuk Anda pakai.

Salah satu keunggulannya adalah salah satu tempat karya anak-anak muda namun kualitasnya tidak mau tertinggal. Sebuah tempat, lebih tepatnya jasa untuk men-design dan tempat mencetak atau jasa printing kain yang menggunakan serat alami.

Kuaitas kain dan warna di sana sangat diperhatikan, jadi jangan ragu untuk datang dan mencoba jasa mereka, yuk grecep.
 

Kesimpulan


Jadi perbedaan dari batik print kain katun dengan batik tulis dan cap adalah dilihat dari proses pembuatannya. Semakin sulit prosesnya maka semakin mahal harganya.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan dari kainbatik.net. semoga artikel ini bermanfaat, serta Dapatkan Harga dan Approval Sample di Inoui Print.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda