Tips Memilih Susu Ibu Hamil untuk Trimester 3 - Kain Batik Indonesia

Minggu, 02 Januari 2022

Tips Memilih Susu Ibu Hamil untuk Trimester 3

Tips Memilih Susu Ibu Hamil untuk Trimester 3 - Kehamilan pada ibu hamil mengalami perkembangan dari bulan ke bulan. Perut ibu hamil tentu saja akan semakin membesar seiring dengan perkembangan janin di rahim ibu.

Normalnya perkembangan janin di dalam rahim ibu berlangsung selama 9 bulan 10 hari. Namun beberapa kasus ada yang sudah lahir pada usia kandungan 7 bulan atau 8 bulan, sehingga disebut premature.

Untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil, perlu asupan nutrisi yang lebih banyak. Itulah kenapa ibu hamil butuh susu ibu hamil.

Apa yang Terjadi Pada Ibu Hamil di Trimester 3


Apa yang Terjadi Pada Ibu Hamil di Trimester 3

Perkembangan janin dalam rahim ibu dibagi dalam 3 trimester. Yaitu trimester pertama yang terjadi pada bulan pertama sampai bulan ketiga.

Trimester kedua pada kandungan usia 4 bulan sampai 6 bulan. Lalu ada trimester ketiga yang terjadi pada usia kandungan 7 sampai 9 bulan atau masa melahirkan.

Pada trimester ketiga, perut ibu hamil akan semakin membesar dan bentuk janin sudah terlihat sempurna.

Pada saat inilah, ibu hamil perlu mempersiapkan segala hal untuk menyambut kelahiran sang bayi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu ibu hamil secara rutin.

Manfaat Susu Ibu Hamil


Susu ibu hamil terbuat dari susu sapi yang dicampur dengan berbagai nutrisi yang penting bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Selain memiliki banyak nutrisi, susu ibu hamil juga rendah lemak dan kolesterol. Hal ini tentu saja bagus untuk mengurangi resiko kolesterol tinggi pada ibu hamil.

Kolesterol tinggi berakibat pada pertumbuhan janin di dalam rahim dan memungkinkan munculnya kelainan pada janin. Untuk itulah perlu pencegahan sejak dini melalui konsumsi susu ibu hamil yang tepat.

Mengkonsumsi susu ibu hamil akan memberikan beberapa manfaat sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kualitas Air Ketuban


Kualitas air ketuban sangat menentukan kelangsungan hidup janin di dalam kandungan, karena air ketuban menjadi penyangga janin selama berada di rahim.

Air ketuban yang kualitasnya bagus itu tidak berwarna atau bening. Sehingga pergerakan janin dapat terlihat dengan jelas.

Susu ibu hamil akan meningkatkan kualitas air ketuban, sehingga kelangsungan hidup janin dapat terjaga dengan baik selama dalam kandungan.

2. Mengoptimalkan Fungsi Plasenta


Plasenta adalah tali pusat yang menjadi tempat penyaluran makanan dari ibu hamil kepada janinnya. Susu ibu hamil membuat fungsi plasenta semakin optimal, sehingga nutrisi ibu hamil dapat diserap dengan baik oleh janin dalam kandungan. Sehingga pertumbuhan janin pun semakin bagus.

3. Menunjang Perkembangan Sel Saraf Janin


Susu ibu hamil yang bagus adalah yang mengandung asam folat. Tujuan asam folat ini untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin. Sehingga pertumbuhan sel saraf janin pun semakin bagus. 

Jika sarafnya tumbuh dengan optimal, tak menutup kemungkinan janin akan lahir menjadi bayi yang cerdas.

4. Mengurangi Risiko Anemia pada Ibu Hamil


Nutrisi yang terkandung dalam susu ibu hamil membuat volume darah pada ibu hamil meningkat. Itulah sebabnya mengkonsumsi susu ibu hamil dapat mencegah anemia pada ibu hamil.

5. Memperlancar ASI


Susu ibu hamil juga dapat memperlancar ASI saat ibu hamil sudah melahirkan. Kalsium yang ada pada susu ibu hamil yang memperlancar kerja ASI sehingga keluar lebih lancar. 

Kebutuhan bayi akan ASI pun dapat terpenuhi dengan baik.

6. Menurunkan Risiko Oestoporosis pada Ibu


Kandungan kalsium pada susu ibu hamil dapat meningkatkan kemampuan tulang ibu dan juga janin dalam kandungan. Tulang menjadi kuat dan tumbuh dengan optimal.

Kebutuhan kalsium ini tentu saja dapat mencegah osteoporosis dan pengeroposan tulang pada ibu hamil.

7. Memperbaiki Jaringan Tubuh Ibu dan juga Janin


Susu ibu hamil dengan nutrisinya yang bagus untuk pertumbuhan janin dan juga ibu hamil juga tak lepas dari perbaikan jaringan tubuh di dalamnya.

Termasuk tulang pada bayi yang membentuk rangka tubuh bayi dengan sempurna. Bukan hanya janin saja yang pertumbuhannya terjaga, tapi juga pertumbuhan jaringan tubuh ibu hamil juga diperbaiki dengan optimal.

Tips Memilih Susu Ibu Hamil untuk Trimester 3


Tips Memilih Susu Ibu Hamil untuk Trimester 3

Melihat banyaknya manfaat susu ibu hamil untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama pada trimester ketiga. Maka penting bagi ibu hamil untuk meneliti jenis susu ibu hamil yang akan dikonsumsi.

Dua tips berikut bisa dijadikan pedoman dalam memilih susu ibu hamil yang baik untuk ibu hamil di trimester 3, yaitu :

1. Perhatikan Kandungan Gizinya


Susu ibu hamil yang baik akan memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil, yaitu protein, kalium, fosfor, kalsium, AHA dan DHA, asam folat dan juga vitamin B6 atau piridoksin.

Semua kandungan nutrisi tersebut bagus untuk perkembangan janin dalam kandungan sekaligus menjaga kesehatan ibu hamil sampai menyusui.

Termasuk di dalamnya memperlancar keluarnya ASI. Maka carilah susu ibu hamil yang kandungan nutrisinya lengkap. Makin lengkap nutrisinya, makin baik perannya dalam menjaga tumbuh kembang janin dan juga ibu hamil.

2. Pilih Susu yang Sudah dipasteurisasi


Pasteurisasi adalah proses pemanasan susu dengan suhu tinggi dengan tujuan untuk memperlambat pertumbuhan bakteri.

Susu yang mengandung bakteri akan mengakibatkan penyakit yang bisa menyerang ibu hamil, sehingga berpengaruh pada kesehatan janin yang dikandungnya.

Carilah susu ibu hamil yang sudah dipasteurisasi agar ibu hamil dan janin yang dikandungnya sehat sampai saat dilahirkan.

Itu dia tips memilih susu ibu hamil untuk trimester 3. Telitilah sebelum membeli agar kesehatan ibu hamil dan janin dalam rahim dapat terjaga dengan baik.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda