6 Cara Mengelola Gaji Bulanan 2-7 Juta - Kain Batik Indonesia

Selasa, 21 Desember 2021

6 Cara Mengelola Gaji Bulanan 2-7 Juta

Punya gaji 2-7 juta? Selalu habis setiap akhir bulan? Atau tidak bisa menyimpan sama sekali? Mungkin ada banyak kesalahan yang Anda lakukan dalam mengatur gaji. 

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatur gaji bulanan agar tidak disia-siakan, tapi banyak orang yang tidak tahu. Tidak banyak orang yang tidak mengetahui kebenaran, tetapi banyak orang merasa sangat cuek. Apalagi mereka yang masih remaja.

Mereka memiliki gaya hidup yang tinggi dan tidak pernah memikirkan tentang tabungan atau masa depan. Ini harus dilakukan dengan benar. Tapi apakah itu baik untuk kehidupan masa depan Anda? masih banyak lagi hal penting yang harus Anda pikirkan matang-matang.

Nah bagi Anda yang masih memiliki kepedulian terhadap masa depan, dan ingin menghemat gaji bulanan, berikut adalah tips cara mengelola gaji bulanan dengan baik agar tidak terbuang percuma.

Cara Mengelola Gaji Bulanan 2-7 Juta

1. Jangan Segera Gunakan Gaji


Langkah pertama cara mengelola gaji bulanan yang harus Anda perhatikan adalah jangan langsung menggunakan gaji tersebut pada saat Anda menerimanya. 

Biasanya banyak orang langsung menghabiskan gajinya begitu menerimanya. Ini akan menjadi pemborosan terbesar. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat anggaran dan detail penggunaan gaji dengan skala prioritas.

2. Buat Anggaran Bulanan Terperinci


Agar gaji 2-7 juta yang didapat bisa lebih hemat, maka Anda harus membuat persyaratan anggaran bulanan yang detail. Ini untuk mengukur dengan tepat berapa kebutuhan bulanan Anda dan berapa anggaran yang Anda butuhkan. 

Buatlah daftar secara detail kebutuhan bulanan Anda. Mulai dari kebutuhan harian, mingguan hingga bulanan. Seperti kebutuhan uang makan, uang bensin, kost (jika naik), kebutuhan mandi, pulsa, uang make up dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Jangan memasukkan hal-hal yang tidak penting ke dalam anggaran. Cukup bagi Anda untuk memasukkan semua hal yang paling penting dan paling Anda butuhkan.

3. Bagikan Uang Sesuai Kebutuhan


Jarang cara menetapkan gaji bulanan berikutnya, yang penting Anda lakukan adalah membagikan gaji Anda sesuai dengan rincian anggaran. 

Dana penting pertama yang harus Anda keluarkan adalah untuk biaya kos atau rumah, seperti tagihan kos, uang listrik, uang jaminan, bayar telepon, bayar wifi dan lain-lain. 

Keluarkan dana sesuai nominal tagihan. Jangan membesar-besarkan atau mengurangi. Karena akan menimbulkan pemborosan di awal atau di akhir. Sesuaikan saja dengan anggaran bulanan yang Anda buat.

4. Sisihkan untuk ditabung


Ini penting, jika Anda memiliki gaji sekitar 2 juta hingga 7 juta, maka langkah penting yang harus diambil adalah menabung. Menabung perlu dilakukan sebelum Anda menggunakan gaji Anda untuk kebutuhan lain. 

Gaji minimum yang perlu Anda simpan sebagai tabungan adalah 30% -45% dari total gaji bulanan Anda. 

Jika gaji Anda 2 juta, maka Anda harus menabung Rp. 600.000-900.000. Jika gaji Anda sekitar 7 juta maka Anda harus menabung dengan nilai minimal 2.100.000-Rp. 3.150.000. 

Seandainya Anda sudah memiliki anak, maka Anda perlu memikirkan untuk biaya pendidikannya. Salah satu hal yang Anda bisa lakukan adalah dengan membeli premi asuransi pendidikan HSBC guna melindungi masa depan anak Anda.

5. Catat Pengeluaran Harian


Langkah penting cara menetapkan gaji bulanan agar tetap irit dan tidak boros adalah dengan selalu mencatat pengeluaran harian. Anda harus memiliki laporan harian tentang pengeluaran harian.

Ini penting agar Anda bisa tahu berapa biaya yang Anda keluarkan setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa mengaudit keuangan bulanan Anda di akhir bulan.

6. Jangan Kredit Apa Pun


Biasanya ketika seseorang mempunyai pekerjaan tetap, hal yang paling sering dilakukannya adalah mengerjakan mobil, motor, handphone atau barang pulsa lainnya. 

Jika saat ini Anda memiliki pikiran seperti itu, segera singkirkan. Karena cicilan hanya akan membebani Anda. Selain itu, kredit adalah riba yang dapat menghambat peruntungan Anda yang lain.

Itulah beberapa cara mengelola penghasilan Anda dengan kisaran 2 sampai 7 juta. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih paham tentang finansial.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda