Informasi Seputar Cloud Computing yang Harus Diketahui - Kain Batik Indonesia

Sabtu, 22 Januari 2022

Informasi Seputar Cloud Computing yang Harus Diketahui

Perusahaan besar maupun organisasi besar mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan cloud service dalam kegiatannya. 

Adanya cloud computing akan membuat pekerjaan menjadi lebih praktis tanpa membutuhkan infrastruktur yang besar. 

Bahkan, keuntungan yang signifikan dan tentunya menarik bagi perusahaan adalah cloud computing dapat membantu meminimalisasi biaya perusahaan.

Cloud computing membutuhkan jaringan internet untuk menggunakannya layanannya, karena memiliki sistem server terpusat. 

Berikut ini penjelasan lengkap tentang cloud computing dan info layanan cloud service yang perlu Anda ketahui.

Definisi Cloud Computing


Cloud merupakan proses pengolahan daya komputasi dengan jaringan internet agar dapat menjalankan berbagai program melalui komputer yang terkoneksi satu sama lain dalam waktu yang sama.

Teknologi cloud computing membutuhkan internet sebagai pusat server untuk mengolah data dan menjalankan aplikasi yang akan digunakan. 

Adanya cloud computing akan membuat pengguna lebih mudah menjalankan program. Pengguna tidak perlu lagi menginstall aplikasi terlebih dahulu ketika akan mengoperasikannya, sehingga akan lebih mudah mengakses data dan informasi yang disimpan dengan mengandalkan internet.

Cara Kerja Cloud Computing


Cara Kerja Cloud Computing

Pada dasarnya, cloud computing bekerja dengan cara menyimpan data secara virtual di internet. 

Karena itulah pengguna tidak perlu melakukan instalasi aplikasi secara offline karena media penyimpanan datanya dilakukan virtual, sehingga pengguna tidak akan membutuhkan memori banyak di komputer pribadi.

Berbagai perintah yang dilakukan oleh pengguna selanjutnya akan dilanjutkan ke server aplikasi. Selanjutnya setelah perintah diterima, data akan diproses hingga akhirnya pengguna menerima halaman yang telah diperbaharui secara real time berdasarkan perintah sebelumnya. 

Perintah-perintah tersebut akan terintegrasi dengan cloud computing. Pengguna hanya membutuhkan jaringan internet untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi tersebut.

Fungsi Cloud Computing


Sebuah perusahaan biasanya membutuhkan banyak komputer untuk menjalankan kegiatan usahanya. 

Keadaan tersebut tak hanya membuat aset fisik menumpuk, tetapi juga pada akhirnya pengguna membutuhkan media penyimpanan yang lebih besar seiring meningkatnya kapasitas perusahaan, sehingga harus menyediakan lebih banyak komputer dan perangkat penyimpanan lebih banyak lagi, yang membutuhkan biaya lebih besar.

Cloud computing menjadi solusi dari permasalahan tersebut karena menjadi teknologi yang dapat meminimalkan kebutuhan penyimpanan. 

Tentu dengan penyimpanan yang kecil akan dibutuhkan perangkat yang lebih sedikit.

Cloud computing menjadi media penyimpanan yang fleksibel dan efisien dalam bisnis maupun organisasi, karena teknologi ini dapat menurunkan permintaan hardware dan software pengguna. 

Tentunya sebuah bisnis baik skala besar maupun skala kecil akan terus berkembang dan menghasilkan data semakin banyak.

Demi menjaga data-data penting tersebut, perusahaan akan menghabiskan sejumlah uang yang tidak sedikit untuk mempertahankan keamanannya. 

Dengan cloud computing, hal ini dapat dihindarkan karena tidak harus menggunakan banyak aplikasi dan perangkat yang tersentralisasi atau terpusat di sebuah lokasi, melainkan bisa dipisah dan dicadangkan di beberapa tempat.

Cloud computing akan memberikan banyak manfaat seperti:

1. Media Penyimpanan Terpusat pada Server

Memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat hanya pada satu server. Di sisi lain, teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mencadangkan data di server terpisah.

2. Keamanan Data

Teknologi ini memberikan jaminan keamanan yang lebih baik, sehingga data pengguna tidak mudah rusak dan hilang. Tentunya hal ini membuat data dan informasi pengguna lebih aman dibandingkan metode konvensional.

3. Lebih Murah dan Tahan Lama

Penggunaan cloud computing tidak membutuhkan media penyimpanan di hardisk eksternal karena sudah memiliki penyimpanan terpusat di server. 

Produk hardware atau hard disk memiliki masa pemakaian, lalu setelahnya akan mengalami kerusakan dan tidak berfungsi secara optimal yang malah bisa menciptakan limbah.

Jika Anda tertarik untuk beralih menggunakan cloud computing, Anda dapat menggunakan penyedia cloud computing yang andal di Indonesia, yaitu neuCentrIX. 

Anda dapat memercayakan kebutuhan Anda terhadap layanan dari neuCentrIX karena mampu menawarkan fleksibilitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan atau organisasi Anda.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda