Kebugaran Jasmani: Pengertian, Manfaat dan Tujuan - Kain Batik Indonesia

Jumat, 04 Februari 2022

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Manfaat dan Tujuan

Mempunyai tubuh yang bugar dan jasmani sehat, sangatlah menjadi kebutuhan agar tubuh kita tetap fit serta tidakmudah kelelahan dengan jalan olahraga. 

Tidak semua olahraga bisa dikatakan itu adalah aktivitas yang dilakukan untuk membugarkan jasmani, karena ada bagian dan pengertian kebugaran jasmani tersendiri.

Secara sederhananya, kebugaran jasmani ini merupakan keaadan tubuh yang tidak mudah lelah salah satunya karena olahraga. 

Namun, ada olahraga yang berat dan kesalahan dalam menakar kegiatan olahraga yang berlebihan, akan mengakibatkan tubuh menjadi cepat lelah serta timbul penyakit lain.

Namun, jika Anda bisa olahraga sesuai porsi tubuh, hal itu sangat berdampak baik bagi tubuh. Anda pun bisa menjadi bugar dan ringan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan kita bahas pengertian, manfaat serta tujuan kebugaran jasmani.

Apa Sih Pengertian Kebugaran Jasmani?


Kebugaran jasmani adalah kondisi diri di saat Anda tidak merasa cepat lelah meski sedang melaksanakan kegiatan yang lumayan berat, bahkan masih ada sisa kekuatan untuk aktivitas lainnya. Untuk mendapatkan hal ini, tidak mudah, karena tubuh sangat butuh dilatih.

Hal itulah yang mengakibatkan orang-orang percaya bahwa olahraga merupakan salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk mendapatkan kebugaran jasmani. Bahkan ada juga yang sampai fanatik dan cinta olahraga.

Komunitas-komunitas segala macam olahraga pun terbentuk, mulai dari olahraga yang ringan seperti yoga serta olahraga berat seperti angkat berat yang ada di ruangan fitness.

Penjelasannya masih kurang puas? Baiklah, ini ada informasi tentang pengertian kebugaran jasmani dari para ahli, baca artikel hingga selesai ya.

Menurut Sadoso Sumarjono, dengan makna yang sudah kami jabarkan kembali bahwa kebugaran jasmani ini diartikan sebuah tubuh yang punya kemampuan dalam menjalankan tugsa sehari-harinya dengan mudah sekali.

Bahkan menurutnya, dengan adanya kebugaran jasmani tanpa adanya lelah berlebihan, masih ada sisa tenaga untuk menikmati di waktu senggangnya.

Dari pengertian itu, kalau kita coba runut ke kebugaran jasmani sesuai dengan pendapat lainnya, ada kemiripan, hanya keredaksiannya saja yang berbeda. 

Hal ini pun menginformasikan bahwa jasmani yang bugar, akan membawa keleluasaan bagi tubuh untuk melakukan apapun.
 

Manfaat dan Tujuan Membuat Tubuh Menjadi Bugar


Manfaat dan Tujuan Membuat Tubuh Menjadi Bugar

Tubuh yang sehat, yaitu tubuh yang bisa diajak bersahabat. Di mana dalam menjalankan aktivitas, tubuh tidak mudah lelah, letih, dan juga tidak gampang terserang penyakit. 

Daya tahan tubuh pun menjadi terjaga, jika sampai Anda bisa menjanganya dengan membuat tubuh menjadi bugar.

Nah, itu salah satu tujuan dan manfaat, adapun manfaat dan tujuannya ada banyak, yuk ketahui di sini:
 

1. Bisa untuk menambah stamina serta kekuatan tubuh


Dengan melakukan olahraga, tubuh kita akan mengupayakan kinerja yang lebih maksimal sehingga membuat stamina menjadi lebih bertambah. Apalagi, jika olahraga setiap hari, kekuatan tubuh bisa bertambah.

2. Menaikkan sirkulasi atau peredaran darah serta sistem kerja jantung


Dengan menambah kebugaran saat olahraga, sirkulasi darah menjadi naik, begitu juga dengan jantung. Namun aktivitas ini bisa menyehatkan jantung, karena ia menjadi terlatih, hanya saja tidak boleh olahraga yang berlebih agar jantung menjadi cepat stabil kembali.
 

3. Daya tahan tubuh pun semakin meningkat


Tubuh bugar akibat olahraga, bisa membuat daya tahan tubuh Anda semakin meningkat, mengapa? 

Karena seringnya olahraga, kekuatan baik secara fisik maupun Kesehatan akan menjadi membaik. Hal ini akan membuat diri Anda lebih tahan banting juga terhadap serangan penyakit.

4. Bisa Menurunkan Adanya Tekanan Darah Tinggi


Bagi Anda yang biasanya menderita penyakit darah tinggi, sering melakukan olahraga adalah salah satu jalan agar tubuh Anda tekanan darahnya bisa stabil kembali.

Hal inilah yang mengakibatkan orang-orang dewasa, bahkan lanjut usia tetap disarankan agar giat olahraga.

Di masa senja, biasanya orang tersebut lebih rentan terkena tekanan darah tinggi.

5. Mengatasi Depresi


Salah satu manfaat lainnya jika Anda punya tubuh yang bugas adalah bisa mengatasi depresi. Seorang yang sedang menderita depresi atau stress, bisa ditekan lebih kecil dengan melakukan kegiatan rutin olahraga.

Hal ini karena syaraf dan suasana hati menjadi lebih nyaman saat melakukan peregangan tubuh ketika berolahraga. Ditambah lagi, jika tempat untuk olahraga terbuka di alam bebas, membuat pikiran menjadi segar kembali.
 

Kesimpulan


Wah ternyata banyak sekali manfaat dan tujuan yang bisa Anda dapatkan saat bisa menjalankan aktivitas dengan baik akibat tubuh Anda yang bugar.

Dari berbagai pengertian dan penjelasan mengenai manfaat serta tujuan adanya kebugaran jasmani yang ada tahu di atas. Itulah rangkuman kami yang bisa kami sampaikan. Semoga pengertian kebugaran jasmani yang sudah diutarakan tersebut, mulai sekarang Anda bisa mempraktekkannya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda