Ketahui Kelebihan Berdonasi Online Dibandingkan Konvensional - Kain Batik Indonesia

Selasa, 08 Februari 2022

Ketahui Kelebihan Berdonasi Online Dibandingkan Konvensional

Aplikasi teknologi digital terbukti memudahkan banyak orang pada berbagai sektor serta industri untuk lakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Termasuk dalam hal donasi atau penggalangan dana untuk orang-orang yang membutuhkan.

Dahulu, berdonasi hanya dapat dilakukan lewat yayasan yang tertentu. Dana pun harus Anda kirimkan ke bank yang telah ditunjuk. Sekarang, berdonasi secara online justru lebih banyak dipilih dibandingkan konvensional karena terdapat beberapa kelebihan. Berikut kelebihan donasi online daripada konvensional.

Berbagai Kelebihan dari Berdonasi Online Dibandingkan Secara Konvensional


Berbagai Kelebihan dari Berdonasi Online Dibandingkan Secara Konvensional

1. Sudah Jelas Penerima Dananya


Platform penggalangan dana biasanya sudah sertakan data dari target donasi, yang nantinya akan terima sumbangan tersebut. Salah satu contohnya Anda bisa cek, yakni pada situs donasi online Indonesia UNICEF untuk penggalangan dana bagi anak-anak. 

Di situs tersebut, Anda tak hanya mengetahui kepada siapa dana nanti akan ditujukan, tapi juga pilihan nominal dana yang akan didonasikan pun bisa disesuaikan kebutuhan dan kemampuan.

2. Pengumpulan Dana yang Cepat


Hanya dengan sekali atau dua kali klik, dana yang didonasikan oleh Anda sudah sampai kepada pihak yang selenggarakan donasi tersebut.

Selain itu, Anda pun bisa bagikan alamat situs ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, sampai ke aplikasi chatting untuk tingkatkan kepedulian dari masyarakat terhadap masalah yang tengah berlangsung.

3. Praktisnya Sistem Cashless


Kelebihan donasi online daripada konvensional selanjutnya adalah sebagian besar dari situs donasi telah terapkan sistem cashless yang mana lebih praktis. 

Pada hal satu ini, Anda tidak perlu untuk kunjungi kantor penyelenggara donasi untuk setorkan uang. Cukup Anda kirimkan dana saja sesuai nominal yang Anda inginkan, entah itu lewat transfer ATM, m-banking, ataupun kartu kredit.

4. Transparansi Dana Donasi


Meskipun Anda serta pihak penyelenggara tidak secara langsung bertemu, pengelolaan dana di dalam kegiatan donasi online terbilang transparan. Biasanya mereka akan bagikan secara detail dana serta penyaluran di dalam laporan dengan berkala. Bahkan ada juga yang merekam momen ketika dana disalurkan atau diberikan ke orang-orang yang membutuhkan.

Anda ingin buktikan bagaimana mudahnya penggalangan dana online? Anda dapat memulainya dengan melakukan donasi online Indonesia ke UNICEF, yang mana membantu menyejahterakan anak-anak Indonesia. Silahkan Anda kunjungi situs resmi donasi UNICEF, kemudian ikuti aturan-aturan berdonasi. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda