5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Sistem Pembayaran PayLater - Kain Batik Indonesia

Kamis, 10 Februari 2022

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Sistem Pembayaran PayLater

Kehadiran PayLater cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia. Layanan yang ada di hampir semua e-commerce dan marketplace ini memberikan tawaran beli sekarang bayar nanti. 

Sehingga, bagi mereka yang membutuhkan suatu produk di waktu mendesak namun belum ada uang saat ini, sangat terbantu dengan layanan ini.

Di Indonesia sendiri, PayLater sudah sangat banyak, salah satu contohnya adalah PayLater Traveloka yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan tiket pesawat, booking hotel, hingga bayar tagihan listrik PLN dari aplikasi Traveloka dengan sistem pembayaran mencicil.

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Sistem Pembayaran PayLater

Ketika Anda menggunakan fitur PayLater, sebaiknya untuk mempertimbangkan banyak hal agar tidak rugi di kemudian hari. Penggunaan PayLater memang tidak bisa semabrang, harus memiliki perhitungan keuangan yang matang dan pastikan Anda mampu membayar cicilannya tiap bulan.

Banyak kasus yang menimpa masyarakat Indonesia di mana mereka terlalu konsumtif hingga tidak mampu membayar cicilan, tidak terasa jika tagihan sudah menumpuk hingga puluhan juta. Dalam artikel ini, akan kami bahas beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui, sebelum memutuskan menggunakan sisitem pembayaran Paylater.
 

PayLater Memberikan Syarat yang Fleksibel


Salah satu alasan layanan PayLater banyak diminati masyarakat, bahkan lebih banyak peminatnya dibandingkan kartu kredit, karena syarat yang diberikan cukup mudah dan fleksibel.

Seperti contohnya PayLater Traveloka dengan syarat berusia 20 sampai 70 tahun dan memiliki KTP Indonesia. Proses verifikasinya pun cukup cepat, hanya membutuhkan waktu maksimal 60 menit saja lalu pengguna bisa langsung menggunakannya sesaat setelah data disetujui.

Jangan sampai karena mudahnya pengajuan PayLater ditambah limit yang cukup tinggi membuat Anda berlebihan menggunakan PayLater. Ingat, ada banyak konsekuensi jika Anda menunggak tagihan, mulai dari akun yang dibekukan hingga berurusan dengan hukum.

PayLater Akan Memberikan Bunga Cicilan


Kemudahan penggunaan pada layanan PayLater membuat pengguna tidak berpikir dua kali ketika menggunakannya. Padahal, sama halnya dengan layanan cicilan lainnya, pastinya PayLater memberikan bunga cicilan. Sayangnya banyak masyarakat yang tidak memperhatikan hal ini dan mereka kerap kali terkejut ketika menerima tagihan dengan bunga yang besar.

Hal inilah yang menyebabkan tagihan PayLater cukup besar jika dibandingkan harga produk pembelian sebenarnya. Anda harus selalu mempertimbangkan bunga yang akan dibayarkan sebelum menggunakan PayLater.

Selain itu, ternyata tidak semua penyedia jasa PayLater memberikan berapa jumlah bunga yang harus dibayarkan secara terang-terangan di awal perjanjian dan tiba-tiba memberikan jumlah bunga yang tinggi, tentu saja ini menyalahi aturan dan membuat pengguna rugi.

Bagi Anda yang memanfaatkan PayLater Traveloka sebaiknya tidak perlu khawatir, karena Traveloka membebani bunga cicilan yang cukup rendah, yaitu 2,25 sampai 4,80 persen tiap bulannya dan bersifat flat. Tidak jarang, PayLater Traveloka memberikan diskon bunga cicilan untuk pengguna mereka.

Sehingga, Anda bisa membayar tagihan listrik dan air bulanan atau membeli tiket pesawat yang dibutuhkan mendadak dengan cara mencicil tanpa perlu takut bunga tinggi.

Perhatikan Batas Waktu Pembayaran


Setiap penyedia PayLater yang terdaftar OJK akan memberikan semacam kontrak perjanjian yang wajib dipahami oleh setiap penggunanya. Sayangnya, kontrak yang diberikan dalam satu dokumen panjang tersebut cukup sering dilewati untuk dibaca, padahal kontrak ini cukup penting, bisa Anda jadikan pegangan jika ada hal yang kurang diinginkan terjadi.

Salah satu hal yang tertulis di kontrak perjanjian adalah tenggang waktu pembayaran. Anda harus tahu kapan terakhir membayar tagihan dan wajib untuk membayar tepat waktu sebelum jatuh tempo.

PayLater seringkali dijadikan jalan keluar jika membutuhkan produk yang mendesak pada saat belum ada uang atau gajian masih beberapa hari lagi. Ketika Anda sudah mendapatkan uang, maka sebaiknya untuk segera melunasi tagihan PayLater tersebut dan jangan menundanya.

Ada Denda Bagi yang Telat Membayar


Banyak masyarakat yang mengeluhkan rugi ternyata karena mereka telat membayar tagihan PayLater. Mirip dengan model pinjaman lainnya, tentu saja PayLater memberikan denda jika peminjam tidak segera membayar pada tenggat waktu yang telah ditentukan. Jumlahnya bisa berbeda-beda, tergantung dengan ketentuan setiap penyedia layanan.

Maka dari itu, jangan pernah terlambat membayar tagihan. Semisal Anda terlambat akibat lupa membayar, maka bisa segera langsung di bayar sesuai jumlah tagihan yang tertera agar denda tidak semakin menumpuk banyak.
 

Gunakanlah Layanan PayLater yang Terlindungi OJK


Sangat penting untuk mencari tahu apakah layanan PayLater yang Anda gunakan terdaftar dan diawasi OJK atau tidak. Layanan PayLater yang terdaftar OJK akan memberikan kontrak jelas dan menawarkan security lebih pada data diri pengguna mereka agar tidak bocor ke tangan yang salah. Kebocoran data pengguna sangat mungkin membuat Anda rugi besar.

PayLater Traveloka yang telah terdaftar OJK memberikan jaminan proteksi sistem dengan enkripsi penuh dan audit berlapis demi melindungi privasi data pengguna, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memanfaatkannya.

Sebenarnya tidak ada yang salah ketika Anda menggunakan PayLater. Anda tidak akan dirugikan dari layanan ini jika menggunakannya dengan bijak, justru akan membantu ketika membutuhkan barang di saat uang belum ada.

Misalnya ketika Anda harus pergi menggunakan pesawat terbang secara mendadak dan gajian masih beberapa hari lagi, maka bisa menggunakan layanan PayLater Traveloka. Maka, Anda bisa memperoleh tiket pesawat di hari itu dan membayarnya nanti dengan cara mencicil.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda