Inilah Jenis Sampah Rumah Tangga Bisa di Daur Ulang - Kain Batik Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022

Inilah Jenis Sampah Rumah Tangga Bisa di Daur Ulang

Apakah semua sampah yang ada di rumah biasanya dibuang begitu saja? Padahal ada loh jenis sampah rumah tangga yang dapat didaur ulang dan bisa mengurangi limbah sampah.

Benar, sebelum membuang sampah rumah tangga, alangkah baiknya melakukan penyortiran terlebih dahulu mana sampah yang dapat didaur ulang mana sampah yang tidak bisa.

Setidaknya berikut ini adalah contoh beberapa sampah rumah tangga yang bisa Anda daur ulang dan memberikan nilai manfaat kepada Anda

Contoh sampah yang bisa didaur ulang


Inilah Jenis Sampah Rumah Tangga Bisa di Daur Ulang

1. Botol plastik untuk menjadi vas bunga cantik


Botol plastik adalah salah satu jenis sampah yang banyak ditemukan di rumah karena penggunaannya yang praktis dan mudah. Namun sayangnya sampah plastik ini bisa menimbulkan masalah lingkungan yang serius.

Nah, daripada membuang sampah botol plastik ini, Anda bisa menyulapnya menjadi vas bunga yang unik dan tidak kalah menarik dari pot bunga pada biasanya. Dengan begitu, Anda juga sekaligus mencegah kerusakan lingkungan loh.

Cara paling sederhana untuk membuatnya yaitu, Anda cukup mengambil botol plastik yang sudah tidak terpakai, lalu isi air secukupnya, dan masukkan setangkai bunga ke dalamnya.

Selain itu, Anda juga bisa bebas berkreasi untuk membuat vas bunga dari botol plastik tersebut menjadi lebih estetik.

2. Kain belacu untuk menyimpan bahan makanan


Punya kain belacu bekas di rumah? Jangan buru-buru dibuang ya, Anda bisa menyulapnya menjadi mini bag untuk digunakan sebagai pengganti kantong plastik. Mini bag tersebut nantinya dapat digunakan salah satunya untuk menyimpan bahan makanan.

Jangan lupa, jenis makanan yang bisa disimpan ke dalam mini bag dari kain belacu tersebut adalah makanan kering saja ya. Keren ya, tetap estetik dan menarik dan lebih ramah lingkungan tentunya,

3. Ubah kain belacu menjadi eco bag


Tidak hanya menjadi mini bag, kain belacu juga bisa diubah menjadi eco bag loh. Benar, tas ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk menggantikan kantong plastik. Lebih ramah lingkungan, dan bida digunakan berulang kali.

Tidak hanya digunakan untuk berbelanja, jika Anda ingin lebih bernilai ekonomis, Anda juga bisa memproduksinya lebih banyak untuk dijual dan mendapatkan keuntungan. Wahhhh, bahan bekas ternyata bisa jadi sumber pendapatan tambahan ya.

4. Toples bekas untuk alternatif penyimpanan barang


Toples bekas ini biasanya bakalan menjamur selepas hari-hari besar keagamaan. Contohnya idul fitri bagi umat Islam. Banyak yang membeli kue-kue kering lebaran untuk dimakan pribadi atau dibagikan sebagai parsel kepada orang lain. 

Setelah makanan di dalamnya habis, maka yang tersisa adalah tumpukan toples bekas.

Biasanya, toples-toples itu hanya dibuang begitu saja, atau yang lainnya memilih untuk cukup menyimpannya sampai memenuhi lemari di rumah.

Padahal, daripada menyimpannya begitu saja Anda bisa memanfaatkannya untuk tempat penyimpanan loh. 

Ada banyak jenis barang yang bisa disimpan dalam toples ini tentunya, tergantung jenis bahan dan ukurannya, Atau simpelnya Anda juga bisa menggunakannya untuk menyimpan makanan lagi di dalamnya.

5. Kardus telur bermanfaat untuk media tanam


Bingung apa yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan kardus bekas telur yang biasanya hanya dibakar atau dibuang begitu saja?

Salah satunya, Abda bisa memanfaatkan kardus bekas tersebut menjadi media menanam microgreen loh.

Caranya pun mudah, Anda cukup menambahkan campuran tanah dengan sekam ke setiap lubang pada kardus bekas telur tersebut. Selanjutnya taburkan benih microgreen. Tunggu sampai microgreen nya siap dipanen dan Anda dapat menggunakan kembali kotak bekas tersebut untuk beberapa kali.

Itulah beberapa contoh kardus bekas dan alternatif penggunaannya yang bisa Anda tiru. Mulai dari sekarang, Anda bisa berpikir lebih kreatif dan inovatif untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang lebih berguna daripada membuangnya begitu saja dan menjadi masalah lingkungan yang serius.

Karena, masalah sampah masih menjadi masalah besar di lingkungan yang sulit untuk diselesaikan. Dengan mendaur ulang sampah, maka secara tidak langsung Anda sudah membantu mengurangi sampah plastik yang menjamur. Bermanfaat untuk Anda, dan juga berdampak positif bagi lingkungan.

Yuk, kreasikan sampah rumah tangga Anda menjadi barang daur ulang yang lebih bermanfaat dan dapat juga bernilai ekonomis.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda