7 Rekomendasi Jenis Investasi untuk Segala Generasi - Kain Batik Indonesia

Minggu, 05 Juni 2022

7 Rekomendasi Jenis Investasi untuk Segala Generasi

Investasi menjadi perbincangan yang ramai di semua kalangan, mulai dari anak muda hingga dewasa. Bagaimana tidak? Keuntungan yang menjanjikan tanpa kerja banting tulang adalah keuntungan yang sangat menggiurkan.

Namun, sebelum terjun lebih jauh ke dalam dunia investasi ada baiknya harus membekali diri dengan segudang informasi dan pengetahuan seputar investasi.

Faktanya, karena hanya ikutan trend yang sedang menjamur untuk investasi lupa untuk belajar tentang keuntungan hingga resiko investasi, akibatnya tidak sedikit yang akhirnya menanggung kerugian akibat kurangnya persiapan yang matang.

Hal yang paling mendasar yang harus diketahui bagi calon investor adalah mengetahui apa saja jenis investasi yang dapat dipilih. Mengetahui jenis investasi ini akan memudahkan Anda untuk memutuskan investasi apa yang dirasa paling tepat berdasarkan kemampuan Anda.

Di bawah ini adalah 7 rekomendasi jenis investasi untuk segala generasi yang dapat dijadikan pilihan:

Rekomendasi Jenis Investasi untuk Segala Generasi

1. Emas


Mungkin ini adalah pilihan favorit bagi semua generasi baik jangka menengah hingga jangka panjang. Selain itu, harga emas yang cukup stabil juga menjadi pilihan favorit.

Namun disbanding generasi muda, generasi yang lebih dewasa yang paling sering menggunakan emas sebagai pilihan investasi karena lebih aman dan menguntungkan.

2. Deposito


Selain emas, deposito juga menjadi pilihan investasi yang dijamin keamanannya karena uang yang langsung mendapatkan pengelolaan dari bank dan mendapat jaminan dari lembaga penjamin simpanan.

Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa imbal hasil dari investasi dari deposit ini tidak begitu besar. Hal ini tentu saja sesuai dengan konsep high risk high return, semakin tinggi risiko semakin tinggi keuntungan.

Maka, pada kasus deposito yang memiliki resiko lebih rendah, tidak heran jika keuntungan yang ditawarkan juga tidak begitu tinggi.

3. Properti


Usaha properti juga belakangan ini banyak menarik perhatian bahkan saat ini nilai properti cenderung mengalami peningkatan yang terus menerus. Tidak heran banyak yang memilih investasi ini karena menjanjikan untuk keuntungan di masa mendatang.

Memilih untuk berinvestasi pada properti baik dalam bentuk rumah, tanah, atau apartemen, kenaikan harga yang memungkinkan sekitar 10 hingga 15% dalam setahun. Keuntungan yang cukup menggiurkan bagi para investor.

4. Obligasi


Obligasi merupakan jenis surat utang yang dikeluarkan perusahaan atau negara kepada masyarakat untuk kepentingan dan tujuan tertentu. Bagi yang membeli obligasi ini akan mendapatkan bunga tertentu dari sejumlah nilai obligasi yang dibeli pada jangka waktu tertentu.

Dibandingkan dengan deposito, bunga obligasi memiliki penawaran yang lebih besar. Untuk bunga obligasi biasanya berbeda untuk setiap perusahaan dan umumnya bunga obligasi tersebut bergantung pada suku bunga Bank Indonesia.

5. Saham


Saham adalah jenis investasi yang paling sering digandrungi banyak kalangan. Investasi saham sendiri merupakan menempatkan sejumlah uang untuk membeli kepemilikan pada porsi tertentu pada suatu perusahaan.

Adapun keuntungan yang dapat diambil dari investasi ini dapat berasal dari selisih harga jual dan beli dan juga berasal dari dividen, yakni pembagian keuntungan dari perusahaan jika perusahaan tempat Anda investasi meraup keuntungan.

Di antara jenis investasi yang lainnya, saham merupakan instrumen investasi yang menawarkan keuntungan yang paling tinggi, namun tentu saja diiringi dengan resiko yang tinggi pula.

Untuk itu, dibutuhkan cukup pengetahuan terkait investasi saham sebelum masuk dalam jenis investasi ini.

6. Reksadana


Bagi Anda yang ingin investasi saham dengan resiko yang lebih kecil maka investasi melalui reksadana bisa menjadi pilihan yang tepat.

Resiko rendah namun dengan keuntungan yang tetap dapat dibilang cukup tinggi, cocok bagi para investor pemula yang ingin belajar tentang dunia saham. Bahkan akses nya yang kini tergolong mudah menjadikan jenis investasi ini menjadi salah satu yang favorit di antara semua kalangan.

7. Asuransi


Asuransi memang bukan murni instrumen investasi. Namun, asuransi dapat dikatakan sebagai asuransi karena memberikan jaminan perlindungan resiko.

Salah satu asuransi untuk investasi yang dapat dipilih adalah Asuransi PFI Mega Life. Asuransi yang terpercaya, resmi, dan sudah diakui oleh pemerintah. Faktor keamanan adalah faktor utama dalam memilih instrumen investasi, dan hal itu tidak perlu diragukan dalam Asuransi PFI Mega Life.

Produk Mega Investasi Link dari PFI Mega Life bisa menjadi salah satu investasi asuransi yang patut dipertimbangkan. Mega Investasi Link ini menawarkan konsep asuransi yang digabung dengan skema asuransi.

Dengan begitu, jika Anda memilih asuransi tersebut, Anda dapat memperoleh perlindungan finansial sekaligus keuntungan investasi.

Saat ini, banyak sekali beredar investasi bodong yang memberikan iming-iming imbalan besar dalam jangka waktu yang singkat. 

Pastikan Anda tidak terperangkap dengan tipuan tersebut, dan cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan terus belajar dan berinvestasi pada tempat yang sudah resmi atau diakui oleh pemerintah yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda