Bibir Hitam: Pengertian, Penyebab, Cara Mencegah - Kain Batik Indonesia

Kamis, 15 September 2022

Bibir Hitam: Pengertian, Penyebab, Cara Mencegah

Penyebab bibir hitam merupakan hal yang penting bagi semua orang. Karena bibir merupakan bagian wajah yang paling penting dan menjadi sisi atraktif dari seseorang. Penampilan bibir juga dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menarik lawan jenis.

Warna bibir umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik, tipe kulit, jenis kelamin, usia, dan lain sebagainya. Jika bibir terlihat hitam, maka pemiliknya pun tentu akan mencari cara menghilangkan noda hitam di pinggir bibir tersebut.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bibir hitam, penyebabnya, cara mencegah, serta hubungannya dengan medical check up? Baca artikel ini sampai habis dan temukan jawabannya, ya.

Pengertian Bibir Hitam


Bibir hitam merupakan perubahan warna bibir menjadi lebih gelap yang disebabkan oleh beberapa hal tertentu. Bibir hitam bisa terjadi pada siapa saja, baik karena faktor luar maupun faktor dari dalam.

Bibir hitam pada bayi baru lahir pun tak jarang juga ditemukan, namun penyebabnya berbeda dengan yang terjadi pada orang dewasa. Pada bayi, jika terjadi hal tersebut berarti bayi sedang kekurangan oksigen dan disebut dengan sianosis.

Sianosis pada bayi perlu diwaspadai karena dapat menjadi salah satu gejala penyakit serius pada bayi. Sedangkan pada orang dewasa, ada beberapa penyebab lain yang dapat membuat bibir terlihat kehitaman.

Faktor Penyebab Bibir Hitam


Faktor Penyebab Bibir Hitam

Perubahan warna bibir perlu mendapatkan perhatian lebih karena selain menjadi faktor estetik wajah, perubahan warna bibir juga dapat menjadi salah satu penanda adanya penyakit serius yang sedang diderita seseorang.

Berikut ini merupakan penyebab perubahan warna pada bibir atau bibir yang menghitam.

1. Kebiasaan dan Gaya Hidup


Selain faktor genetik, hiperpigmentasi pada bibir dapat terjadi karena kebiasaan dan gaya hidup seseorang. Jika menjalani medical check up, dokter akan memeriksa riwayat kesehatan dengan lengkap mulai dari jenis pekerjaan, aktivitas, dan kemungkinan adanya paparan bahan kimia.

2. Bahan Kimia dari Rokok


Bagi seorang perokok, perubahan warna bibir dapat disebabkan oleh zat nikotin yang terkandung di dalam rokok tersebut. Maka dari itu, bagi seorang perokok menghilangkan flek hitam di atas bibir dapat dicapai dengan mengurangi konsumsi rokok atau berhenti secara sepenuhnya.

3. Produk yang Digunakan Sehari-hari


Cara memerahkan bibir hitam juga dapat dilakukan dengan memperhatikan produk yang digunakan sehari-hari, karena hiperpigmentasi pada bibir juga dapat diakibatkan oleh reaksi alergi terhadap produk tertentu.

Contoh dari produk yang dapat membuat alergi pada bibir yaitu produk seperti lipstick, lip balm, dan bahkan pasta gigi. Produk apapun dapat menjadi salah satu penyebab alergi jika terkena kontak dengan bibir.

Cara Mencegah Terjadinya Bibir Hitam


Cara menghilangkan bibir hitam dengan cepat dapat dimulai dengan melakukan hal-hal yang kecil seperti mengurangi paparan dari sinar matahari secara langsung, mengurangi kebiasaan menjilati bibir atau mengelupas bagian bibir yang kering, dan memastikan bibir terhidrasi dengan baik.

Salah satu cara untuk menghidrasi bibir dengan maksimal yaitu dengan minum air yang cukup dan menggunakan produk lip balm untuk bibir. Selain itu, karena hiperpigmentasi pada bibir dapat disebabkan oleh defisiensi vitamin B12, maka mengkonsumsi vitamin tersebut akan membantu dalam mengurangi bibir hitam.

Cara lain untuk mencegah terjadinya bibir hitam yaitu dengan berhenti merokok. Riset mengatakan bahwa melanosis akibat merokok biasanya akan berangsur membaik dalam 3 tahun setelah mengurangi paparan rokok.

Berhati-hati dalam memilih produk kosmetik terutama yang bersentuhan langsung dengan bibir pun juga dapat menjadi pencegahan ampuh bagi penyebab bibir hitam.

Jika telah melakukan segala cara namun tak kunjung membaik, maka ada baiknya jika Anda melakukan medical check up untuk mengetahui apa yang yang membuat bibir Anda menghitam dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Melakukan medical check up secara rutin dapat membantu Anda untuk melakukan deteksi dini dari berbagai penyakit yang mungkin akan mengancam. Salah satu medical check up yang dapat dipercaya yaitu MCU Prodia OHI, sehingga segala penyakit dapat dideteksi sejak awal.

Demikian serba-serbi mengenai bibir hitam mulai dari pengertian, penyebab, dan cara mencegah terjadinya bibir hitam untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetap lakukan medical check up secara rutin untuk hasil yang lebih akurat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda