6 Kain Batik Indonesia Terkenal di Mancanegara - Kain Batik Indonesia

Minggu, 29 Januari 2023

6 Kain Batik Indonesia Terkenal di Mancanegara

Batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang memang dikenal oleh dunia. Hal itu didukung dengan adanya pengakuan secara internasional dari UNESCO bahwa batik Indonesia menjadi bagian dari kekayaan peradaban manusia.

Sebenarnya bukan hanya batik, dilansir dari AshefaNews bahwa Golok Banten juga ditetapkan sebagai warisan Indonesia yang diakui UNESCO. Akan tetapi, kepopuleran batik lah yang paling menonjol sejak lama.

Pada mulanya, penggunaan batik hanya dikenakan saat acara tertentu. Namun, kini para desainer Indonesia melakukan berbagai gebrakan terhadap penggunaan pakaian kasual dengan motif kain batik.

Jangan heran bila pakaian batik tersebut dijual dengan harga tinggi sebab menyesuaikan harga kain batik per meter yang mana tiap daerah memiliki motif, jenis, dan kualitas berbeda.

Untuk lebih tahu mengenai berbagai kain batik Indonesia yang dikenal hingga ke mancanegara, simak ulasan berikut ini.

6 Kain Batik Indonesia Terkenal di Mancanegara


Kain Batik Indonesia Terkenal di Mancanegara

Berikut ini beberapa kain batik modern Indonesia yang terkenal hingga di mancanegara.

1. Kain Batik Mega Mendung


Motif andalan kain batik Cirebon adalah Mega Mendung. Motif batik ini bisa dikatakan hasil asimilasi budaya masyarakat asli Cirebon dengan pandangan filsafat masyarakat Tiongkok. Motif batik Mega Mendung berbentuk awan dengan gabungan corak warna biru, abu-abu, dan putih.

Adapun maksud dari motif awan di kain batik Mega Mendung, yaitu awan pembawa hujan yang melambangkan pemberi kehidupan dan kesuburan.

2. Kain Batik Tujuh Rupa


Salah satu motif kain batik Pekalongan yang terkenal hingga ke mancanegara, yaitu batik Tujuh Rupa. Motif batik ini bernuansa kekayaan alam, berupa bunga, tumbuhan dan hewan.

Diketahui motif batik Tujuh Rupa ini merupakan percampuran kebudayaan lokal dengan etnik China. Hal itu karena pada zaman dahulu, Pekalongan menjadi tempat transit pedagang dari berbagai negara lain.

3. Kain Batik Sogan


Pada mulanya, kain batik Solo yang satu ini dinamai Sogan sebab pewarnaannya berasal dari bahan alami, yakni batang pohon kayu pohon sogan. Lazimnya, corak yang ada pada batik Sogan terdiri dari dua warna hitam dan coklat.

4. Kain Batik Sekar Jagad


Sekar Jagad juga menjadi salah satu kain batik Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Kain batik khas Jawa Tengah ini, terdiri atas campuran berbagai corak yang berbeda dari setiap motifnya.

Adapun nama Sekar Jagad berarti bunga dunia yang bermakna keanekaragaman dan keindahan bunga di dunia.

5. Kain Batik Kawung


Batik Kawung merupakan jenis kain batik dengan motif tertua dari Jawa (Yogyakarta). Motif batik Kawung merupakan gambar dari buah kawung sejenis aren atau kolang-kaling yang terbelah menjadi dua dan disusun secara geometris.

Makna dari kain batik Kawung sendiri, yakni kesucian, kesempurnaan, dan kemurnian. Selain itu, motif kain batik Kawung juga bermakna agar manusia yang memakainya dapat menjadi manusia yang unggul dan ideal.

6. Kain Batik Parang


Kain batik Parang merupakan salah satu batik Indonesia yang memang populer. Kain batik yang sudah ada sejak zaman Keraton Mataram Kartasura ini, dahulunya hanya boleh digunakan oleh seorang raja beserta keturunannya.

Motif berbentuk S yang ada di kain batik Parang bermakna sebuah kontinuitas atau kesinambungan dan bentuk ombak yang melambangkan semangat tidak ada hentinya.

Itulah beberapa kain batik khas Indonesia yang sudah populer hingga ke kancah dunia. Seperti yang dikutip dari AshefaNews, generasi milenial harus menjaga persatuan bangsa dengan melestarikan beragam budaya Indonesia. 

Oleh sebab itu, mari lestarikan dan jaga warisan budaya sebagai wujud cinta terhadap bangsa.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda