Ingin Kanopi Rumah Kuat dan Indah, Intip 5 Tips yang Perlu Anda Perhatikan - Kain Batik Indonesia

Sabtu, 21 Januari 2023

Ingin Kanopi Rumah Kuat dan Indah, Intip 5 Tips yang Perlu Anda Perhatikan

Menciptakan rumah yang teduh dan artistik dapat dimulai dengan mendesain serta memasang kanopi sebagai salah satu bagian dari rumah. 

Agar kanopi tetap indah dan kuat, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat merencanakan pemasangannya. Simak beberapa tips dalam memasang kanopi agar tetap awet dan indah:
 
Ingin Kanopi Rumah Kuat dan Indah, Intip 5 Tips yang Perlu Anda Perhatikan

1. Sesuaikan dengan kondisi lingkungan


Sebelum memasang kanopi, perhatikan terlebih dahulu kondisi lingkungan perumahan Anda. Apakah Anda tinggal di lingkungan yang lembab dan curah hujan tinggi? atau lingkungan dengan panas matahari yang menyengat serta banyak debu? 

Kondisi lingkungan juga bisa dilihat dari banyaknya pohon tinggi di sekitar Anda. Hal ini berpengaruh pada pemilihan material-material yang akan Anda gunakan sebagai kanopi.

Bahan-bahan atap kanopi beragam. Beberapa di antaranya, seperti bahan polikarbonat (fiberglass) dan onduline, memiliki keunggulan lebih kedap suara dibandingkan dengan bahan lain. 

Jika Anda tinggal di kondisi dengan curah hujan tinggi, Anda bisa memilih kedua bahan ini agar meredam suara rintik hujan sehingga menciptakan suasana yang lebih tenang. 

Untuk kanopi yang kuat menahan beban, Anda bisa memilih bahan UPVC atau Alderon yang memiliki kemampuan menahan beban hingga 150kg. 

Bahan ini cocok bagi Anda yang memiliki halaman rumah dikelilingi pohon rindang dan besar sehingga kanopi akan lebih awet tanpa khawatir pecah.

2. Memilih besi kualitas SNI


Atap kanopi perlu ditopang oleh material yang kokoh. Anda bisa menggunakan pilihan besi dengan kualitas SNI. Kualitas SNI menjamin bahan material tersebut lebih tahan lama, anti rayap, dan tahan terhadap karat. 

Kanopi yang tahan lama membutuhkan perawatan yang lebih mudah karena Anda cukup melakukan pembersihan rutin.

3. Sesuaikan desain rumah


Pilihlah desain kanopi yang sesuai dengan desain rumah Anda. Desain kanopi yang cocok dengan rumah Anda akan lebih memperindah rumah Anda. 

Anda juga perlu melakukan pengukuran luas untuk kanopi sehingga Anda bisa menyusun budget yang sesuai. Pengukuran bisa membantu menentukan desain yang tepat karena menyesuaikan dengan kondisi rumah.

4. Memperhatikan presisi tiang penyangga


Kanopi perlu ditopang tiang penyangga secara presisi. Jika tidak presisi, rangka kanopi akan timpang dan rawan runtuh. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan jasa pemasangan kanopi terpercaya dan berkualitas.

Sebaiknya, Anda perlu menganggarkan dana yang cukup untuk menggunakan jasa terbaik. Pemilihan ini dapat mempengaruhi desain, presisi tiang penyangga, dan keawetan kanopi.

Beberapa tiang menggunakan besi holo atau baja ringan dimana beberapa bagian penyangga ada yang dipotong manual jika kebutuhan kanopi Anda sedikit customized. 

Untuk pemotongan yang lebih presisi, Anda bisa menggunakan jasa CNC karena menggunakan alat potong terkomputerisasi dan mesin potong khusus yang lebih halus dan akurat.

5. Rutin melakukan pembersihan


Seperti halnya bagian dari rumah yang lain, kanopi tetap harus dibersihkan secara rutin baik yang dipasang di dalam atau di luar rumah. Kanopi rawan terkena jamur karena terkena panas dan hujan. Perawatan dan pembersihan perlu disesuaikan dengan material kanopi Anda. 

Pada beberapa bahan kanopi seperti bahan dari polikarbonat, letak kotoran terkadang berkumpul di beberapa tempat. Gunakan alat yang memadai seperti sikat tongkat dan detergen. Anda juga bisa meminta tolong bantuan jasa pembersihan atap dan kanopi.

Anda perlu menjadwalkan pembersihan kanopi agar kanopi lebih awet. Jika di atas kanopi Anda terdapat banyak daun, ranting atau buah Anda perlu membersihkannya agar tidak membuat kanopi bocor. 

Apabila pada pemasangan kanopi menciptakan rongga antara atap rumah dengan kanopi, Anda perlu melakukan pengecekan agar tidak ada hewan seperti tikus.

Kanopi tidak hanya dibangun di teras rumah, tetapi juga bisa menjadi bagian halaman belakang, halaman samping atau tambahan di dalam rumah Anda. Konsultasikan penambahan kanopi ini pada ahlinya dan jasa yang terpercaya agar kanopi rumah Anda berfungsi maksimal.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda