5 Tips Sukses Mempersiapkan UTBK SBMPTN - Kain Batik Indonesia

Minggu, 26 Februari 2023

5 Tips Sukses Mempersiapkan UTBK SBMPTN

Mengingat UTBK yang tinggal beberapa bulan lagi, bimbel UTBK online kini banyak dicari oleh para pelajar. Selain karena lebih praktis karena bisa dilakukan dari rumah saja, terdapat beberapa video animasi yang membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.

Hal tersebut sangatlah penting bagi para pelajar yang sedang mempersiapkan diri untuk menyambut UTBK 2023 yang sebentar lagi akan datang. Apa sajakah cara yang bisa dilakukan supaya belajar menjadi lebih efektif? Jangan lewatkan beberapa tips berikut ini.

Cara Mempersiapkan UTBK SBMPTN dengan Efektif


Cara Mempersiapkan UTBK SBMPTN dengan Efektif

Bagi para pelajar yang sedang mengikuti bimbel UTBK STAN, maupun bimbel sejenis untuk universitas tujuannya, perlu diketahui bahwa ini semua bukan hanya tentang belajar saja. Ada 5 tips yang akan membuat proses belajar menjadi lebih baik. Ini penjelasannya.

1. Mempersiapkan Mental


Hal pertama yang harus dipersiapkan datang dari diri sendiri. Meski sudah mengikuti les UTBK terbaik namun masih meragukan diri sendiri dan merasa tidak mampu untuk lulus dalam ujian, maka hal tersebut akan membuat proses belajar menjadi kurang efektif.

Fokus pada tujuan dan terus berusaha untuk mengerahkan kemampuan Anda, hasil bisa dipikirkan belakangan setelah Anda sudah melakukan yang terbaik. Dengan begitu, Anda bisa fokus untuk belajar tanpa harus overthinking yang bisa menyebabkan stres.

2. Membuat Rencana Belajar dan Target Pencapaian Belajar


Setelah tips pertama sudah dilakukan, selanjutnya adalah membuat rencana belajar dan target untuk dapat memahami pelajaran dengan lebih baik. Pertama-tama, pilih pelajaran yang paling sulit bagi Anda atau pelajaran dengan materi terbanyak untuk dipelajari.

Misalnya Anda lemah di pelajaran matematika, maka Anda bisa menyusun rencana belajar dengan targetnya seperti minggu pertama harus memahami konsep aljabar, minggu kedua harus bisa mengerti konsep logaritma, dan lain sebagainya.

Namun, jika Anda sudah merasa lelah dalam belajar maupun menghadiri les SBMPTN online, maka jangan dipaksakan terlalu berlebihan, ya. Karena hal tersebut bisa membuat Anda akan semakin merasa tertekan.

3. Memahami Konsep Pelajaran


Banyak peserta les intensif SBMPTN yang sebelumnya salah kaprah dalam belajar. Mengapa dikatakan salah kaprah? Itu karena mereka hanya berfokus pada hafalan, padahal hal yang sangat dibutuhkan dalam belajar bukanlah hafalan melainkan pemahaman konsep.

Dalam pengerjaan TKA Saintek, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah paham konsep dasar untuk mengerjakan soal seperti aljabar, trigonometri, dan lain sebagainya.

Sementara dalam pengerjaan TKA Soshum, Anda bisa membuat peta konsep mulai dari topik utama, hingga subtopik dan perinciannya.

4. Mengerjakan Try Out dan Latihan Soal


Semakin sering berlatih, maka Anda akan menjadi terbiasa untuk mengerjakan soal. Tak hanya itu, Anda juga jadi lebih memahami kemampuan Anda dalam pengerjaan soal, sehingga Anda juga bisa lebih fokus untuk berlatih di topik yang belum Anda kuasai.

Biasanya menjelang ujian akan terdapat banyak try out, baik dari sekolah maupun daring. Bimbel UTBK online oun biasanya juga menyediakan latihan soal yang dapat Anda kerjakan sebagai latihan.

Salah satu wadah yang menyediakan banyak latihan soal adalah Brain Academy Online by Ruangguru. Terdapat banyak latihan soal gratis, mulai dari latihan soal UTBK TKA, latihan soal TPS, hingga Bahasa Inggris.

Anda juga bisa mendapatkan ribuan latihan soal lainnya jika berlangganan paket Brain Academy Online, salah satu cara untuk les UTBK online terbaik di Indonesia. Bahkan tidak hanya itu, ada juga video pembelajaran serta live teaching yang akan mengajari Anda.

5. Mendapatkan Istirahat yang Cukup


Tips yang terakhir, jangan sampai melupakan istirahat. Tetap fokus dan disiplin untuk meraih sukses dalam UTBK 2023, namun tetap penuhi kebutuhan istirahat supaya belajar pun lebih maksimal.

Jangan lupa untuk memahami gaya belajar yang terbaik untuk Anda juga, ya. Sekian pembahasan mengenai tips sukses mempersiapkan UTBK SBMPTN, semoga Anda bisa mengerjakannya dengan baik.

Jika Anda membutuhkan pelajaran tambahan, maka Anda bisa mengikuti les SBMPTN online seperti Brain Academy yang memiliki kelengkapan instrumen belajar yang menyenangkan untuk Anda. Semoga berhasil!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda