Cara Live Tiktok dari Laptop untuk Jualan Batik - Kain Batik Indonesia

Minggu, 21 Januari 2024

Cara Live Tiktok dari Laptop untuk Jualan Batik

Salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk jualan batik dengan melakukan live streaming di Tiktok. Apalagi cara live di Tiktok sangat mudah dan bisa dilakukan menggunakan laptop.

Hal tersebut karena untuk berjualan tersedia aplikasi Tiktok Live Studio yang dapat Anda unduh secara gratis. Hanya saja untuk live di laptop hanya bisa untuk sistem operasi windows.

Cara Mudah Live di Tiktok Melalui Laptop


Cara Mudah Live di Tiktok Melalui Laptop

Tiktok tidak sekedar menjadi platform untuk berbagi konten video, melainkan menjadi wadah yang tepat untuk berjualan online. Salah satu strategi efektif dalam meningkatkan penjualan yaitu melalui live langsung.

Begitu juga jika Anda pemilik bisnis batik maka tidak ada salahnya melakukan streaming penjualan di Tiktok. Perangkat yang bisa digunakan yaitu smartphone dan laptop.

Jika Anda berencana menggunakan PC maka berikut ini beberapa cara live tiktok dari laptop, yaitu:

Persiapkan Akun TikTok Business


Syarat penting dan utama sebelum melakukan streaming yaitu harus memiliki akun Tiktok Business. Dengan akun khusus ini Anda baru bisa akses fitur live untuk melakukan streaming jualan.

Untuk memastikan akun Tiktok Anda sudah bisnis cukup dengan masuk ke pengaturan profil. Cari menu "Switch to Pro Account'' dan klik jika masih akun personal.

Aktifkan Fitur Live


Jika sudah beralih ke akun bisnis maia Anda sudah bisa melakukan aktivasi fitur siaran langsung. Namun, ada satu syarat lagi yang harus terpenuhi agar fitur live muncul yaitu memiliki follower di atas 1000.

Ada juga syarat lain yang harus terpenuhi, seperti pernah melakukan streaming selama 25 menit dalam 3 bulan terakhir. Selain itu akses live streaming tiktok sedang tidak ditangguhkan apalagi ke banned.

Unduh Aplikasi TikTok Live Studio di Laptop


Setelah akun Anda memenuhi syarat seperti pada poin kedua, maka cara streaming di tiktok dari laptop yaitu dengan unduh aplikasi TikTok Live Studio. Instal dan login dengan akun bisnis yang terdaftar.

Pada dashboard aplikasi TikTok Live Studio pilih source camera. Anda juga dapat mengatur kamera dengan pilih “add source”.

Buat Konsep Siaran


Live jualan batik di TikTok tidak bisa asal nyalakan kamera lalu streaming. Akan tetapi akan lebih baik dengan membuat konsep terlebih dahulu.

Mulai dari membuat deskripsi menarik dan dapat menarik perhatian penonton. Selain itu, cara live tiktok ada keranjang kuning juga memudahkan dalam penjualan produk.

Mulai Siaran Pertama Anda


Mulailah siaran pertama Anda dengan klik ikon '+' di bagian tengah bawah layar dan pilih opsi Live. Tulis judul menarik dan deskripsi singkat yang mencakup informasi produk.

Lakukan Interaksi dengan Penonton


Ketika live di TikTok jangan hanya fokus menawarkan produk. Anda juga harus merespon setiap komentar atau pertanyaan dari penonton. Interaksi yang baik dengan penonton dapat meningkatkan penjualan lebih efektif.

Manfaatkan Fitur Donasi dan Hadiah


Hal menarik siaran di TikTok yaitu adanya firir donasi dan hadiah. Manfaatkan fitur ini untuk memberikan insentif kepada penonton yang membeli produk selama siaran langsung.

Misalnya berupa voucher potongan harga untuk pembelian berikutnya. Cara membuat voucher live tiktok yaitu log in ke halaman seller-id.tiktok.shop dan pilih menu promosi untuk membuat voucher.

Gunakan Perangkat dan Provider Internet dengan Koneksi Stabil


Gunakan laptop dengan kamera dan mikrofon yang berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan koneksi internet Anda stabil untuk menghindari gangguan selama siaran langsung.

Oleh sebab itu, Anda harus memilih provider internet dengan koneksi stabil. Salah satu provider yang unggul dalam hal jaringan dan koneksi yaitu Telkomsel. Dengan provider Telkomsel Anda dapat melakukan live tanpa khawatir koneksi terputus.

Anda juga bisa melakukan streaming main game melalui OBS Studio. Cara live di tiktok pakai obs hanya dengan unduh aplikasi secara gratis dan hubungkan dengan akun TikTok Anda.

Jadi, tingkatkan penjualan bisnis batik Anda dengan live di TikTok. Jangan ragu pilih telkomsel karena selain koneksi stabil memiliki beragam paket internet. Baik itu paket internet reguler maupun khusus untuk streaming jualan batik di TikTok.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda