Fakta-Fakta Menarik Tentang Hari Buruh Di Indonesia Dan Dunia - Kain Batik Indonesia

Selasa, 11 April 2023

Fakta-Fakta Menarik Tentang Hari Buruh Di Indonesia Dan Dunia

Sejarah hari buruh internasional pada dasarnya memang cukup panjang, tidak terlepas dari adanya pemberontakan buruh yaitu ditandai dengan adanya aksi demonstrasi tentang kenaikan upah, perbaikan sistem kerja dan lain sebagainya. 

Fakta-Fakta Menarik Tentang Hari Buruh Di Indonesia Dan Dunia

Hal ini jugalah yang membuat pemerintah kemudian menerapkan adanya hari buruh dan sering kali di tanggal tersebut dilakukan demo atau unjuk rasa para buruh untuk mendapatkan hak mereka.

Adapun diantaranya beberapa hal menarik terkait dengan hari buruh ini, diantaranya adalah:

  1. Mulai muncul di abad 19, pada dasarnya gerakan buruh ini sendiri memang mulai muncul pada abad ke 19, dimana pada saat itu memang terjadi kapitalisme serta revolusi industri yang menekan para pekerja. Sehingga menimbulkan terjadinya polemik pada masa itu.
  2. Kongres pertama gerakan buruh di Jenewa, Swiss, pertama kali terjadi kongres pertama gerakan buruh yaitu dilakukan di Swiss, tepatnya adalah di Jenewa pada tahun 1866, hal tersebut pada dasarnya merupakan sebuah agenda yang terinspirasi dari tuntutan oleh National Labour Union di Amerika Serikat.
  3. Penetapan May Day, setelah munculnya berbagai konfrontasi kemudian ditetapkan adanya hari buruh atau yang dikenal sebagai May Day, yaitu jatuh pada tanggal 1 Mei, bahkan dengan adanya aksi tersebut menuntut adanya 8 jam kerja di Amerika Serikat mulai berlaku.
  4. Di era Orden Baru Soeharto hal ini dianggap sebagai Subversif, , pada dasarnya di Indonesia sendiri hari buruh ini juga termasuk sebagai sesuatu yang memicu munculnya idealisme, dimana hari buruh mulai diperingati di Indonesia ada tahun 1920, berbagai macam kegiatan juga mulai dilakukan pada masa itu. Termasuk diantaranya yang kerap terjadi adalah aksi demonstrasi para buruh yang menuntut hak mereka.

Hari buruh internasional jatuh pada tanggal 1 Mei dan sebenarnya merupakan sebuah peringatan penting yang memberikan dampak pada semua buruh yang ada di Indonesia, apalagi setiap peringatan ini juga memberikan kontribusi terhadap perkembangan atau kemajuan dari para buruh. Yuk Dapatkan lebih banyak lagi informasi bermanfaat dengan membaca artikel yang ada di website EF Adults.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda