9 Langkah Memasang Granit Dinding yang Benar - Kain Batik Indonesia

Rabu, 24 Agustus 2022

9 Langkah Memasang Granit Dinding yang Benar

Alternatif apik pelapis untuk menutup lantai maupun menghias dinding selain keramik atau marmer adalah granit.

Terbentuk dari proses pembekuan magma secara bertahap di dalam bumi, granit memiliki corak dan warna yang memberi kesan elegan.

Memiliki corak abu-abu, putih, ataupun kombinasi keduanya, hingga jingga dan merah muda yang terbentuk dari proses kimiawi yang ada pada dalam bumi.

Batu granit memiliki corak yang unik dan beragam sehingga harga yang ditawarkan di pasaran bermacam-macam. Mulai dari harga granit dinding yang murah dengan motif pasaran, hingga mahal dengan motif unik dan tergolong langka.

Pemakaian batu alam yang satu ini sangat beragam mulai dari batu granit dinding rumah, granit untuk dinding kamar mandi, hingga granit untuk dinding luar.

Granit dapat mempercantik dinding dan lantai maupun plafon sekalipun. Beberapa plafon rumah dipadukan sedemikian rupa dengan sentuhan granit yang mempermanis.

Pemasangan tentunya aspek yang berperan penting dalam kecantikan dan keamanan granit yang dipasang di dinding, lantai, hingga plafon rumah.

Memiliki corak dan warna yang beragam dan indah yang dapat melapisi berbagai permukaan rumah. Pemasangan granit dinding luar, granit dinding kamar mandi, dan batu granit untuk dinding rumah kurang lebih memiliki konsep dan cara yang sama.

Yuk intip 9 cara untuk memasang granit yang benar!

Langkah Memasang Granit Dinding yang Benar

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan


Siapkan bahan seperti nat, paku, angkur, kawat, dan pastinya batu granit yang ingin dipasang. Lalu alat yang diperlukan adalah palu, sarung tangan, dan kacamata jika perlu sebagai pelindung.

Pemilihan bahan disesuaikan dengan kebutuhan, kuantitas dan kualitasnya. Alat pelengkap diperlukan agar pemasangan aman dengan hasil maksimal.

2. Periksa kondisi material granit, aman?


Granit dilihat dan dipastikan tidak ada cacat seperti goresan, retakan atau lubang yang dapat mempengaruhi pada waktu pemasangan.

Memeriksa kondisi material granit cukup krusial. Diusahakan memeriksa secara menyeluruh sehingga kerusakan saat pemasangan maupun setelah pemasangan dapat dicegah.

3. Penyesuaian warna granit, biar apik!


Corak dan warna granit unik dan beragam. Granit merupakan batu alam sehingga walaupun warna seragam, corak belum tentu selaras.

Dengan menyusun dan merencanakan pemasangan dan letak granit seapik dan selaras mungkin dapat memaksimalkan pemasangan, juga sesuai selera!

4. Meratakan permukaan dinding


Tahap ini merupakan salah satu langkah paling vital. Pastikan permukaan dinding, lantai, atau plafon yang akan dilapisi granit rata. Hilangkan benjolan atau permukaan kurang bersih yang dapat mengganggu pemasangan granit.

Jika Anda tidak hati-hati dan pemasangan granit pada permukaan yang tidak sempurna, atau bahkan ada benjolan dapat membuat granit yang dipasang pecah. Oleh karena itu, pastikan kondisi permukaan aman dan baik untuk dilapisi granit!

5. Gambar pola


Menggambar pola pada dinding akan membantu proses pemasangan. Bukan hanya untuk Anda yang ingin memasang granit dengan pola tertentu yang unik, penggambaran pola juga dapat membantu ada memprediksi ukuran granit.

Hal ini memudahkan jika ternyata ukuran granit tidak sesuai dengan luas media permukaan pemasangan dan granit harus dipotong sedemikian rupa menyesuaikan.

6. Menandai titik angkur dan paku


Setelah pola granit dinding digambar, langkah selanjutnya adalah menentukan titik paku dan angkur. Titik-titik letak pemasangan kawat, angkur, dan paku berfungsi untuk membuat penahan granit dinding.

7. Memasang kawat dan angkur


Lanjutkan langkah sebelumnya dengan memasang kawat, angkur, dan paku sesuai letak yang telah ditentukan. Kaitkan kawat pada posisi dengan bantuan paku dan angkur.

8. Memasang granit


Sampai pada tahap utama yaitu pemasangan granit dinding rumah, lantai, maupun medium permukaan yang diminati.

Pemasangan granit disarankan dimulai dari tengah dinding, sehingga tepi permukaan dapat disesuaikan ukurannya dan tampak lebih rapi.

9. Finishing


Setelah semua granit terpasang, terdapat celah atau rongga antar granit yang perlu ditutup dengan yang disebut nat. Nat berfungsi melekatkan antar granit dinding sehingga lebih kuat dan rapi.

Ada beberapa orang yang memilih granit dinding maupun lantai tanpa nat sehingga granit terlihat seperti satu bongkahan batu tanpa adanya garis-garis pemisah. Tetapi hal ini sebagai preferensi masing-masing.

Setelah nat kering dengan sempurna, tahapan terakhir adalah pembersihan granit dari sisa-sisa akses pemasangan. Ditutup oleh proses finishing, pemasangan granit telah selesai!

Demikian 9 steps serta sedikit tips untuk cara memasang granit yang benar, semoga membantu dan bermanfaat!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda