5 Fakta Unik Fungsi Vitamin C untuk Kesehatan - Kain Batik Indonesia

Senin, 15 Februari 2021

5 Fakta Unik Fungsi Vitamin C untuk Kesehatan

Kainbatik.net - Vitamin C terkenal sebagai penguat imun tubuh, karena itu pula sejak masih kecil orangtua pun seringkali memberikan vitamin ini dengan maksud menjaga kesehatan sehingga tak akan mudah sakit.

Bahkan para dokter juga merekomendasikan jenis vitamin ini dalam mengatasi pilek dan flu. Namun ternyata bukan hanya itu saja, vitamin populer yang satu ini ternyata mengandung lebih banyak lagi manfaat, lho.

Hal ini disampaikan oleh seorang peneliti dari Amerika Serikat yaitu Dr. Thomas Levy. Disampaikan bahwa vitamin C juga mampu Anda gunakan dalam pengobatan infeksi virus. Contohnya adalah hepatitis dan juga pneumonia. Ditambah lagi, anak juga bisa berkurang risiko terkena cacar jika rutin mengonsumsi vitamin C.

Fakta Unik Fungsi Vitamin C untuk Kesehatan


Fakta Unik Fungsi Vitamin C untuk Kesehatan

Bukan hanya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, berikut adalah beberapa fakta unik tentang vitamin C yang mungkin belum pernah Anda dengar. Apa saja? Simak berikut ini:

1. Dokumentasinya Telah Ada Sejak Ratusan Tahun Silam


Dimulai pada awal 1700, lebih tepatnya 1730 oleh seorang dokter yang bernama James Lind. Ia bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris, maksudnya untuk mengamati bagaimana efek penyakit kudis dengan vitamin C. 

Pada saat itu kudis menjadi jenis penyakit yang sangat umum di kalangan para pelaut, sebab mereka tidak memiliki akses ke buah yang segar sebab berada di laut selama beberapa bulan lamanya.

Kemudian pada tahun 1747, masih di atas kapal yang sama, ia melakukan uji klinis yang mana akhirnya menemukan bahwa vitamin C bisa dimanfaatkan dalam pengobatan kudis pada para pelaut. 

Sebab dalam vitamin ini ada asam askorbat yang tubuh butuhkan, jika kekurangannya maka akan menyebabkan kulit bersisik, gigi lepas dan gusi yang berdarah.

2. Buah Jeruk Bukan Satu-Satunya Sumber Vitamin C yang Paling Baik


Ternyata bukan hanya buah jeruk yang menjadi sumber vitamin ini untuk tubuh Anda, sebab masih banyak lagi buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang melimpah. 

Antara lain adalah buah belimbing yang juga mengandung kalium untuk menjaga tekanan darah tetap normal, buah rambutan yang juga baik untuk tingkatkan kesehatan mata Anda, kelapa muda yang bukan cuma mengandung vitamin C saja, namun juga bisa mencegah terjadinya batu ginjal, buah manggis yang kaya antioksidan, contohnya seperti xanthone, folat dan tentu saja vitamin C.

3. Bisa Mengurangi Efek Penuaan dan Membantu Penurunan BB


Siapa yang tak mau mendapatkan berat badan ideal? Nah, dengan konsumsi vitamin C ternyata bisa membantu dalam penurunan berat badan juga. 

Vitamin C diketahui mampu membantu dalam regenerasi kolagen untuk kecantikan kulit, sehingga tanda penuaan pun bisa dihindari.

Berat badan bisa diturunkan dengan alami lewat konsumsi vitamin ini, membantu dalam metabolisme lemak untuk dijadikan tenaga dengan lebih cepat, asalkan dibarengi dengan melakukn olahraga secara teratur.

4. Memiliki Peran Dalam Penyembuhan Luka Anda


Ternyata saat antibiotik belum ditemukan, pra dokter menggunakan vitamin C ini dalam membantu penyembuhan pasien mereka.

Bahkan di tahun 1940-an, ada seorang dokter yang berhasil menggunakan terapi vitamin C dalam pengobatan cacar air dan gondongan, dokter tersebut bernama Frederick Klenner.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa vitamin C bisa membantu untuk regenerasi kolagen di dalam tulang, juga pada sendi dan wajah Anda. Sehingga akan sangat bermanfaat juga untuk mempercepat pengobatan luka serta cedera.

5. Mempercepat Pemulihan Flu dan Radang Tenggorokan


Saat mulai bersin dan hidung meler karena pilek atau flu, wajib konsumsi vitamin C. Ternyata ada penelitian ilmiahnya yakni dari WholeHealth Chicago, mereka menyebutkan bahwa vitamin C akan membantu dalam melawan infeksi saluran pernapasan atas, yakni yang menjadi penyebab sakit tenggorokan terasa.

Itulah dia berbagai macam fakta unik tentang vitamin C yang belum Anda ketahui. Maka karena itu, jangan sepelekan konsumsi vitamin ini dan Anda juga bisa menyetok suplemen makanan ini untuk menjaga kesehatan seluruh keluarga. Dapatkan suplemen kesehatan vitamin C dari Pyfa Health, merupakan website resmi untuk mendapatkan berbagai produk kesehatan dari Pyridam Farma.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda