5 Keuntungan Investasi Reksa Dana Pasar Uang - Kain Batik Indonesia

Jumat, 29 Juli 2022

5 Keuntungan Investasi Reksa Dana Pasar Uang

Apa itu reksa dana pasar uang? Bagi para orang awam, pastinya bertanya-tanya mengenai salah satu jenis investasi tersebut. Sekarang ini tren investasi sangat meningkat pesat, apalagi investasi reksa dana pasar uang yang terkenal sebagai investasi paling aman.

Ada beberapa broker yang menyediakan jenis investasi reksa dana pasar uang online. Selain itu beberapa bank besar tanah air sudah menyediakan layanan investasi untuk para nasabahnya.

Pengertian Investasi Reksa Dana Pasar Keuangan


Reksa dana adalah jenis investasi yang dikelola oleh suatu lembaga atau manajer investasi yang memiliki peran mengatur investasi saham maupun surat berharga lainnya. Lembaga investasi reksa dana sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Ada beberapa jenis reksa dana untuk digunakan sebagai wadah investasi. Berikut ini beberapa jenis investasi reksa dana.

Reksadana Pasar Uang


Reksadana Pasar Uang adalah jenis investasi yang memiliki portofolio untuk aset jangka pendek atau jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Reksadana Pendapatan Tetap


Reksadana Pendapatan Tetap adalah Reksadana yang memiliki portofolio dimana sebagian besar investasinya berbentuk instrumen pendapatan tetap berupa surat berharga dan obligasi.

Reksadana Campuran


Reksadana Campuran adalah Reksadana yang investasinya terdiri oleh berbagai instrumen seperti pasar uang, obligasi, dan saham.

Reksadana Saham


Reksadana Saham adalah Reksadana yang portofolionya diinvestasikan dalam saham perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia.

4 jenis reksa dana itu memiliki perbedaannya masing-masing. Seperti perbedaan reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap ataupun jenis yang lainnya. Lalu lebih baik mana reksa dana pasar uang vs pendapatan tetap? Semuanya memiliki keunggulannya sendiri.

Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang


Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana bisa menjadi pilihan jangka panjang yang aman untuk para investor pemula hingga yang pro. Pada kesempatan kali ini ada beberapa keuntungan reksa dana pasar uang.

1. Likuiditas Tinggi


Likuiditas adalah serangkain proses pembelian dan pencairan aset perusahaan kepada para investornya.

Melalui reksa dana pasar uang, anda bisa mencairkan aset jika suatu saat membutuhkan. Pencairan aset bisa dilakukan setiap saat, tidak terkecuali saat pasar sedang tidak stabil.

2. Resiko Rendah


Bukan rahasia lagi jika reksa dana dikenal sebagai investasi paling aman untuk menjadi pilihan.

Dengan resiko yang rendah, memilih reksa dana pasar uang adalah pilihan yang tepat untuk investor yang baru terjun di dunia investasi.

3. Potensi Keuntungan Reksa Dana


Setiap orang yang melakukan investasi tentunya ingin mencari untung dan paling penting mengamankan aset agar tidak rugi. Selain sebagai investasi yang paling aman, reksa dana juga terkenal sebagai investasi yang menguntungkan.

Potensi keuntungan reksa dana bisa dihitung melalui portofolio yang anda miliki. Selain itu, jika kondisi pasar masih bagus, anda bisa mendapatkan keuntungan 4-7% per tahun. Pasar keuangan yang bagus memang menjadi faktor utama bagi keuntungan para investor.

4. Waktu Investasi yang Fleksibel


Dalam investasi reksa dana pasar uang, anda bisa memilih antara investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang. Namun, umumnya orang yang melakukan investasi reksa dana paling tidak selama 3 bulan lamanya.

Semakin lama seseorang melakukan investasi reksa dana, maka semakin besar potensi keuntungannya. Sebaliknya, jika seseorang melakukan investasi jangka pendek maka potensi keuntungannya lebih kecil.

5. Tidak Dipungut Pajak

Berbeda dengan investasi saham yang terkena pajak, salah satu alasan berinvestasi di reksa dana pasar uang adalah karena jenis investasi ini bebas dari yang namanya pajak. Artinya, keuntungan yang didapat oleh investasi investor murni 100% tanpa potongan pajak apapun.

Dengan alasan ini, investor berbondong bondong melakukan investasi di reksa dana pasar uang. Bagi anda yang ingin melakukan investasi reksa dana pasar uang, investasikan reksa dana anda di Manulife.

Apa Itu Manulife?


Manulife adalah perusahaan investasi yang telah berdiri sejak 1996 dengan nama PT Manulife Aset Manajemen Indonesia. Salah satu solusi investasi yang ditawarkan oleh Manulife adalah reksa dana.

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia menjadi perusahaan investasi terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada periode April 2022, Manulife telah mendapat mandat untuk mengelola investasi sebesar Rp. 109,4 triliun.

Perusahaan ini juga mendapatkan banyak penghargaan dari periode 2015 hingga 2022 dari berbagai asosiasi, antara lain:

  • Best Fund House dari Asia Asset Management (2015 hingga 2021)
  • Top Investment House in Asian Local Currency Bonds dari The Asset Benchmark Research (2015 hingga 2021)
  • Best Fund With The Optional Sharpe Ratio di Alpha Southeast Asia (2020)
  • Fund House of The Year dari AsianInvestor (2018,2019, dan 2022)

Produk Manulife Investment Management


Bagi anda yang ingin melakukan investasi reksa dana pasar uang di Manulife, perusahaan ini menyediakan berbagai produk reksa dana. Berikut ini ada beberapa produk dari Manulife. Berikut ini daftar investasi reksa dana pasar uang di Manulife.

  • Manulife Dana Kas II Kelas A
  • Manulife Dana Kas Syariah
  • Manulife OVO Bareksa Likuid
  • Manulife Indonesia Money Market Fund Kelas A
  • Manulife Dana Kas II Kelas D1

Itu dia informasi mengenai investasi reksa dana pasar uang. Jenis investasi tersebut bisa menjadi pilihan investasi untuk keuangan masa depan.

Jika anda mencari dimana tempat investasi reksa dana terbaik dan terpercaya, mulai investasi reksa dana Anda disini https://reksadana-manulife.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda