Syarat Dan Ketentuan Penagihan Paylater - Kain Batik Indonesia

Rabu, 29 November 2023

Syarat Dan Ketentuan Penagihan Paylater

Sistem bayar nanti atau paylater semakin dipermudah dengan banyak rekanan yang bekerja sama. Paylater yang dulu hanya diberlakukan untuk aktivitas belanja online kini merambah ke pembayaran akomodasi, tiket liburan bahkan produk bank. Sedikit banyak kasus yang terjadi pada paylater adalah aktifasi sistem blokir paylater traveloka yang marak bermunculan. Mengapa?

Sebab Paylater Terblokir


Salah satu penyebab yang disepelekan oleh banyak pengguna adalah berganti-ganti email dan nomor telepon, tak disangka saat ini email dan nomor telepon adalah 2 hal vital yang menjadi dasar akun apapun digunakan. Email lama yang tidak aktif dan tidak memberikan konfirmasi kepada pihak paylater traveloka secara sepihak akan diblokir atau dinonaktifkan demi kenyamanan bersama.

Ketidaknyamanan apa saja yang dialami oleh paylater?


Banyak user yang memakai akun email baru untuk pengajuan paylater yang kemudian mengganti dengan akun email lainnya.

Penagihan yang sukar atau terlambat lama membuat akun lama diblokir hingga ke akar akun lainnya.

Salah memasukkan data riil sebanyak 3 kali sehigga pihak paylater juga memblokir agar tidak terjadi kecurangan data.

Ketika akun Anda terblokir padahal tidak merasa menanggung masalah apapun bisa menghubungi pihak admin cs paylater traveloka. Proses pengaktifannya dilakukan setelah kendala diperbaiki dan dicek terlebih dahulu selama waktu 2x24 jam.

Sistem Tagihan Paylater Traveloka


Syarat Dan Ketentuan Penagihan Paylater

Desk Collection adalah sebuah cara penagihan dengan memakai media komunikasi seperti telepon, SMS, Whatsapp, email, aplikasi self reminder atau robo reminder (pengingat pada aplikasi Penyelenggara sendiri) agar user segera melunasi tagihan yang ada. 

Model penagihan ini bersifat sopan, lebih elegan sehingga membuat user nyaman dan tidak ketakutan. Ada peringatan dalam sistem aplikasinya sebelum masa deadlien pembayaran tiba.

Field Collection Lapangan adalah sebuah cara penagihan dengan tindakan fisik berupa peringatan langsung kunjungan ke lokasi dan mengawasi gerakan user di beberapa tempat. Selain itu, paylater umumnya menagih di beberapa rekan yang nomor hpnya tercantum di database paylater saat pendaftaran. 

Perlu Anda ketahui bahwa penagihan ke rekan user ini tidak bersifat membebani jumlah tagihan tapi untuk membantu konfirmasi ke user agar segera membayar paylater.

Apa yang akan terjadi ketika user tetap tidak mau melunasi tagihan paylater?

Manajemen paylater traveloka akan melaporkan user tersebut ke pihak SID OJK, BI Checking untuk dibekukan semua aktivitas keuangan user. Jadi, ketika user memiliki tabungan di salah satu bank akan dibekukan hingga tagihan paylater telah benar-benar lunas. Setelah tagihan selesai maka semua akan kembali ke kondisi awal.

Apakah User Masih Bisa Memakai Paylater Setelah Terlambat Bayar Tagihan?

Masih bisa untuk beberapa ketentuan, yakni jika user yang memakai paylater tidak banyak aktivitas buruk terhadap paylater memungkinkan pihak sana bisa menyetujui peminjaman dikemudian hari. Namun, jika user terlampau banyak kasus penundaan bahkan ketidaksediaan membayar maka bisa dicabut.

Paylater secara umum bisa dipakai untuk membayar berbagai kebutuhan keuangan seperti:

  • Membayar biaya akomodasi dan perjalanan ke tempat wisata.
  • Tagihan rutin bulanan seperti listrik, air, televisi berlangganan dan sebagainya.
  • Tiket nonton bioskop
  • Tiket konser
  • Biaya makan di restoran
  • Belanja

Status Paylater Di Mata User


Melihat keunggulan yang diberikan oleh paylater maka banyak sekali user yang bertanya apakah paylater itu perlu sekali atau tidak ya?

Nah, paylater adalah fitur perbantuan bagi user yang sedang dalam keadaan terpaksa seperti jumlah uang tunai kurang, di jalan tol, ada gangguan gesek ATM dan sebagainya. 

Lebih tepatnya, status paylater bukanlah opsi utama pembayaran tapi alternatif pembayaran. Jadi, sebenarnya asumsi paylater untuk hobi berhutang itu salah besar dan sebaliknya userlah yang menganggap demikian karena tidak bijaksana dalam memakai metode pembayaran yang tersedia ini.

Paylater bisa digunakan secara rutin ketika user cermat mengelola keuangan rumah tangga dan bisnis dengan catatan ada perhitungan matang diantara kedua pihak (user dan paylater). 

Paylater memberikan bunga ringan dibandingkan dengan bunga bank. Paylater traveloka dijamin aman dan terpercaya karena lisensi OJK, lembaga pengawas keuangan negara.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda