Sewa Apartemen Harian atau Bulanan, Mana yang Lebih Hemat? - Kain Batik Indonesia

Senin, 18 Oktober 2021

Sewa Apartemen Harian atau Bulanan, Mana yang Lebih Hemat?

Anda sedang dalam perjalanan bisnis atau sedang membangun rumah baru, lalu bingung harus menetap sementara waktu dimana. Mungkin hotel bisa jadi alternative tinggal sementara. Tapi biaya hotel akan mahal jika dihitung per harinya. Alternatif lainnya bisa sewa apartemen.

Bandung termasuk salah satu kota yang menyediakan banyak apartemen. Harga sewa apartemen di Bandung juga bervariasi, tergantung letak dan besar kecilnya apartemen. Harga juga dipengaruhi oleh berapa lama Anda menginap. Bisa harian atau bulanan.

Sewa Apartemen Harian atau Bulanan, Mana yang Lebih Hemat?

Sewa Apartemen Harian


Sepintas apartemen seolah lebih elegan daripada hotel. Hal ini dikarenakan apartemen terlihat lebih berkelas dengan segala fasilitas yang ada di dalamnya. Tak beda jauh dengan hotel. Namun ada perbedaan mendasar antara apartemen dan hotel yang perlu diketahui, seperti fasilitas yang lebih lengkap dan harga sewa yang lebih hemat.

Masalahnya berapa biaya sewa harian dan bulanan di apartemen. Mana yang lebih hemat. Sewa apartemen harian atau bulanan.

Salah satu keuntungan sewa apartemen adalah bisa menyewa secara harian. Alasannya karena sewa harian memilki keuntungan tertentu, seperti :

1. Administrasi yang Tidak Rumit


Ketika menginap di hotel dalam beberapa hari, ada admistrisi yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Namun tidak demikian jika menyewa apartemen. Proses administrasinya tidak serumit menyewa di hotel.

2. Ada fasilitas yang tidak didapatkan ketika di Hotel


Fasilitas di hotel biasanya hanya kamar saja. Sedangkan di fasilitas, selain kamar ada juga dapur, ruang tam, bahkan tempat gym dan kolam renang serta ruang rapat yang tidak disediakan di hotel. Fasilitas di apartemen lebih banyak dan lengkap

3. Harga Lebih Hemat


Harga sewa hotel ketika menginap beberapa hari akan terasa mahal. Berbeda dengan sewa harian apartemen yang terlihat lebih hemat. Dengan harga yang sama, Anda akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap dan lebih lama jika menyewa apartemen secara harian.

4. Lokasi Lebih Luas


Sewa hotel membuat Anda tidak bisa mengeksplor area komersil di sekitar Anda. Sementara di apartemen, Anda bisa lebih leluasa menuju ke restorant menarik atau lokasi yang memberikan kenyamanan bagi Anda.

Meskipun harga sewa apartemen harian lebih hemat daripada hotel. Namun perlu diperhatikan soal hal-hal detail. Seperti akses hubung ke petugas apartemen. Akses hubung ini tidak bisa sepanjang waktu seperti ketika menyewa di hotel. Jadi di awal sewa perlu diperjelas kapan harus menitipkan kunci dan lain-lain

Pembatalan sewa juga harus diperhatikan. Biasanya dikenakan denda, namun jumlahnya bervariasi. Karena itu sebelum memutuskan untuk sewa apartemen, pastikan dulu semua hal agar tidak terjadi pembatalan.

Sewa Apartemen Bulanan


Jika sewa apartemen harian berguna bagi Anda yang melakukan perjalanan bisnis dalam beberapa hari, maka sewa apartemen bulanan berguna bagi Anda yang ingin menetap lebih lama untuk urusan tertentu. Misalnya sedang membangun rumah. Jadi sementara rumah sedang dalam proses pembangunan, Anda bisa tinggal di apartemen.

Beberapa alasan seseorang memutuskan untuk sewa apartemen bulanan, diantaranya:

1. Tempat Tinggal Sementara


Ketika Anda berkeinginan untuk pindah ke suatu tempat, tapi belum menemukan tempat tinggal sementara. Sewa apartemen bulanan bisa dijadikan solusi tepat. Hal ini berlaku juga ketika Anda sedang memperbaiki rumah. Anda bisa tinggal sementara di apartemen, selama rumah Anda sedang diperbaiki.

2. Lebih Fleksibel


Sewa apartemen bulanan lebih fleksibel karena Anda tak perlu membayar denda ketika melanggar perjanjian sewa. Hal ini dikarenakan biaya dibayarkan di muka. Sewa bulanan juga bisa memberikan Anda waktu untuk mengenal tempat baru, sambil menunggu untuk menemukan tempat tinggal baru yang tepat bagi Anda.

3. Sewa Bisa Diperpanjang


Sewa bulanan bisa diperpanjang menjadi tahunan dengan mengubah perjanjian sewa yang sudah disepakati bersama. Tak ada efek merugikan dari perjanjian sewa tersebut karena sudah dijelaskan di awal sebelum sewa berlangsung.

Namun perlu diingat, bahwa sewa bulanan saat ini sulit dicari. Kebanyakan pemilik apartemen menyewakan secara tahunan. Alasannya pemilik perlu melakukan perbaikan ketika menyewakan secara bulanan. Ini tentu saja merugikan bagi pemilik, terutama jika penyewa tidak bisa menjaga kebersihan apartemen.

Sewa Apartemen yang Lebih Hemat


Dilihat dari beberapa alasan dan kendala antara sewa harian dan bulanan, dapat dikatakan bahwa sewa harian bisa lebih hemat. Namun sewa bulanan juga bisa dijadikan rekomendasi jika ingin menginap lebih lama. Misalnya sedang menunggu rumah diperbaiki.

Semuanya kembali kepada kebutuhan masing-masing. Lihat juga berapa banyak budget yang disedikan untuk menyewa apartemen. Jika untuk perjalanan bisnis ke luar kota, maka sewa harian lebih rekoemdasi. Berbeda jika pindah kerja untuk waktu yang lama. Maka sewa bulanan lebih bisa memenuhi kebutuhan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda