Ini Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang - Kain Batik Indonesia

Senin, 18 April 2022

Ini Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Rambut adalah mahkota bagi seorang perempuan. Perempuan akan berusaha merawat rambutnya yang berharga, layaknya sebuah mahkota. Apapun cara mengatasi rambut kering dan mengembang akan dilakukannya agar mahkotanya tetap indah terawat.

Bagi masyarakat Indonesia yang dihadapkan pada kondisi iklim panas lembab, tentu permasalahan rambut ini sudah menjadi makanan sehari-hari. Bisa jadi sudah banyak usaha yang dilakukan tapi sampai saat ini belum menemukan hasil yang maksimal. Alhasil terkadang timbul rasa putus asa.

Jika menurutmu usahamu selama ini membuat frustasi karena tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, ada baiknya untuk mencoba cara berikut ini. Cara mengatasi rambut kering dan mengembang yang akan dibahas kali ini dijamin tidak akan menguras uang, tenaga, dan waktumu.
 

Cermat Memilih Produk Perawatan Rambut


Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambutnya, seseorang biasanya menggunakan rangkaian produk perawatan rambut yang panjang. Baik itu berupa hair mask, sampo, kondisioner, vitamin rambut, dan berbagai rangkaian produk perawatan rambut lainnya.

Dari sekian banyak produk tersebut, ada baiknya jika kamu memperhatikan hal-hal berikut. Kedua hal ini akan menjadi cara mengatasi rambut kering dan mengembang terbaik yang bisa kamu lakukan di rumah.
 

Gunakan Produk dengan Kandungan Anti Kusut


Untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, gunakanlah sampo dan kondisioner dengan kandungan Nutri Keratin Repair Activites. Kandungan ini akan memperbaiki kondisi rambut bagian dalam.

Jika belum tahu produk yang mengandung Nutri Keratin Repair Activites, kamu bisa menggunakan Dove Total Damage Treatment Shampoo untuk kebutuhan samponya. Setelah itu gunakanlah Dove Total Damage Treatment Conditioner untuk kondisionernya.

Pada kedua produk tersebut sudah terdapat kandungan Nutri Keratin Repair Activites yang dapat mengatasi permasalahan untuk rambut kering dan mengembang. Setelah menggunakannya, rambutmu akan menjadi lebih halus, sehat, indah, dan kuat.
 

Hindari Produk dengan Kandungan Alkohol


Produk perawatan rambut yang didalamnya memiliki kandungan alkohol akan membuat rambut jadi semakin kering dan mengembang. Jika rambutmu kondisinya kering dan mengembang, kamu bisa menggunakan Dove Hair Growth Ritual Creambath untuk mengatasinya.

Kandungan coneflower dan white tea yang terdapat pada krim creambath ini akan menutrisi rambut. Untuk penggunaannya, kamu cukup mencuci rambutmu terlebih dahulu lalu mengapilkasikannya mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut.

Setelah itu bungkus rambut dengan handuk hangat selama kurang lebih lima menit. Kemudian bilaslah ia dengan air sampai bersih.
 

Perhatikan Cara Mengeringkan Rambut


Setelah selesai keramas biasanya orang akan segera mengeringkan rambutnya. Ada banyak cara yang biasa orang lakukan. Agar proses pengeringan rambut tidak membuatnya jadi kering dan mengembang, maka kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut.
 

Mengeringkan Rambut dengan Handuk


Sejak zaman dahulu orang lebih suka mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk. Sebetulnya cara ini tidak akan membuat rambut jadi kering dan mengembang jika caranya benar.

Cara yang benar ketika mengeringkan rambut dengan handuk yaitu dengan menepu-nepuk rambut saja tanpa perlu membuat gesekan kasar. Gesekan kasar pada rambut berpotensi membuat kutikula rambut rambut jadi rusak.
 

Mengeringkan Rambut dengan Hair Dryer


Seiring perkembangan teknologi, orang mulai mengeringkan rambut menggunakan hair dryer untuk mempersingkat waktu. Jika hair dryer menjadi andalanmu saat mengeringkan rambut, maka gunakanlah hair dryer ionic. Selain itu, saat melakukannya pisahkanlah rambut yang sudah kering.
 

Lakukan Detox Rambut


Rutinitas penggunaan serangkaian produk perawatan rambut tentu akan menyisakan sekumpulan residu yang mengganggu penyerapan nutrisi untuk rambut. Maka dari itu kamu perlu melakukan detox rambut setidaknya satu kali dalam sebulan.
 

Cara Melakukan Detox Rambut


  1. Campur dan aduk sampai rata 1 sdm perasan jeruk lemon atau cuka apel dengan 2 gelas air hangat.
  2. Aplikasikan campuran itu ke seluruh bagian rambut, dari akar sampai ujung.
  3. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan dengan sampo dan kondisioner.
 

Sentuh Rambut Secukupnya


Aktivitas menyentuh atau membelai rambut memang enak untuk dilakukan jika kondisinya lembut. Terlebih lagi salah seorang ahli dalam ilmu yoga menyarankan untuk membelai rambut sembari memijat kulit kepala.

Hal ini disarankan karena ia secara otomatis akan merelaksasi bagian kulit kepala dan mampu melancarkan peredaran darah. Meskipun hal ini disarankan, tapi ternyata menyentuh rambut berlebihan itu juga tidak baik.

Jadi jika kamu ingin menyentuh rambut sekaligus memijat kulit kepala, lakukanlah ia dalam jumlah secukupnya saja. Apabila kamu terlalu sering menyentuh rambut dengan jari tanganmu, maka ia akan menjadikan rambutmu kering dan mengembang.

Sebagai gantinya, kamu bisa menyikat rambut yang kusut dengan sikat gigi yang bulunya halus. Dengan melakukan hal ini berarti kamu telah berusaha untuk mengatasi rambut kering dan mengembangmu tanpa menimbulkan permasalahan baru.
 

Lindungi Rambut Saat Olahraga


Selama melakukan olahraga, lindungilah rambut agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung ataupun terkontaminasi bahan kimia lainnya yang dapat merusaknya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan topi ataupun hair cap saat berenang.
 

Pilih Bahan Sarung Bantal yang Tepat


Gunakanlah sarung bantal berbahan silk, satin ataupun sutra untuk menjaga tingkat kelembaban rambut. Selain itu bahan ini juga akan meminimalisir geseka-gesekan kasar pada rambut.

Itulah cara mengatasi rambut kering dan mengembang yang bisa diupayakan dengan mudah dan murah. Jika permasalah rambut kering dan mengembangmu selama ini belum bisa teratasi, maka serangkaian produk Dove di atas wajib kamu coba.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda